Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Guru Temukan Ide Kreatif PJJ, Sampoerna Academy Gelar DisruptED

KOMPAS.com- Selama pandemi Covid 19, banyak guru kesulitan mengajar muridnya secara daring.

Mengajar tanpa tatap muka kadang kala membuat murid jenuh sehingga berdampak pada menurunnya konsentrasi.

Jika hal ini sudah terjadi, guru harus mencari inovasi agar pembelajaran selalu menarik setiap pembelajaran dari dimulai.

Untuk mencari ide baru pengajaran yang menarik dan memanfaatkan teknologi, ada baiknya para guru bisa terus belajar memanfaatkan teknologi untuk bahan mengajar secara virtual.

Topik-topik belajar virtual, cara membuat inovasi pembelajaran, bisa ditemukan dalam
DisruptED 2021: Before Corona to After Disease dari Sampoerna University.

Bekerja sama dengan partner global, acara ini bertujuan untuk menekankan pembelajaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Banyak yang berubah setelah pandemi, murid dan guru mengalami tantangan dalam kegiatan belajar mengajar. Kita ingin membagikan pengalaman kita, empower orang untuk take control dan charge untuk lebih baik dan bergerak maju," ujar President of Sampoerna University Marshall Schott.

Di dalam diskusi DisruptED, semua guru yang berpartisipasi bisa menemui lebih dari 30 pembicara yang memiliki keahlian berbeda untik saling bertukar ilmu secara gratis.

Semua pembicara ini, terbagi ke dalam empat sesi. Apa saja sesi yang bisa diikuti? berikut ulasannya:

1.Sesi Fireside Chats

Sesi ini, membuat para guru bisa menciptakan pengalaman dan program belajar kreatif dan inovatif di era disrupsi pendidikan.

2. Sesi Keynote

Untuk sesi ini, guru bisa menambah wawasan akan topik dan kreasi dalam menciptakan bahan ajar yang variatif dan inventif.

3.Sesi Spesial Barista

Untuk sesi ini, semua peserta bisa berinteraksi bersama para ahli dan praktisi teknologi edukasi ternama.

4. Sesi Wellbeing

Dalam sesi ini, semua peserta bisa ikut meningkatkan kesehatan mental bersama instruktur mindfulness profesional.

Head of Centre of Excellence in Teaching and Learning (CETL) di Sampoerna University, Manoharan Karthigasu, mengatakan dalam kesempatan yang sama bahwa banyak speaker dari dunia industri yang membagikan pengalaman mereka. Jadi tidak hanya guru yang akan mengisi acara.

"Ini dilakukan secara virtual dan online, jadi bisa untuk siapa saja. Kita di sini melakukan berbagai aktivitas. Kamu beginner apa expert, mencari yang lebih tinggi, kami punya lebih dari 30 speakers, kita akan sharing dengan berbagai topik," tuturnya.

Agar penyerapan materi dan informasi semakin optimal, tahun ini 95 persen pembicara akan menggunakan Bahasa Indonesia dan sisanya telah disediakan teks terjemahan.

Selain itu seluruh materi akan diunggah dalam platform terbuka, sehingga dapat diakses oleh tenaga pengajar yang membutuhkan.

Salah satu STEAM Coach Jakarta International School yang hadir di acara ini, juga akan meramaikan acara melalui sesi Barista Spesial: Developing Content for VR (Oculus Quest – First Steps).

Dalam sesi ini, Jane yang sudah pernah mengisi acara tahun lalu akan berbagi tips bagaimana cara mengajar para siswa menggunakan Virtual Reality (VR).

“Saya sangat senang bisa kembali hadir untuk berdiskusi bersama teman-teman pendidik untuk membahas solusi dalam menciptakan strategi pengajaran inovatif,” ujar dia.

Ia mengatakan, di tengah situasi menantang ini semua pendidik harus selalu siap menghadapi berbagai transformasi.

“Harapan saya, melalui DisruptED 2021 saya dapat membantu para tenaga pendidik meningkatkan kualitas belajar daring dan mengembangkan konten pembelajaran melalui pendekatan STEAM, sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar lebih menarik dan imersif,” ujar Jane.

Hal senada disampaikan salah satu pembicara webinar DisruptED, Meilani Hendrawidjaja, Co-Founder Kode Kiddo.

”Teknologi telah memegang peran penting dalam pengembangan suatu industri, salah satunya dalam mendukung kemajuan masa depan pendidikan kita," kata Meilani.

Ia mengatakan, melalui konferensi DisruptED tahun ini ia ingin terus mendukung tenaga pendidik Indonesia lebih berani mengambil peran aktif dalam inovasi pendidikan bagi generasi masa depan yang lebih maju.

Agar bisa bertemu para pembicara handal ini, peserta bisa membuka situs disrupted.id. Lakukan pendaftaran dan pantau e-mail untuk informasi terkait jadwal pelatihannya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/06/072652471/bantu-guru-temukan-ide-kreatif-pjj-sampoerna-academy-gelar-disrupted

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke