Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Universitas Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics, Ada Binus

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas dunia Webometrics Ranking of World Universities kembali merilis daftar universitas terbaik dunia, khususnya Indonesia di tahun ini.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Di 2021, sebanyak 31 ribu perguruan tinggi yang datang lebih dari 200 negara yang masuk pemeringkatan.

Melansir website Webometrics, Minggu (31/1/2021) menginformasikan banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Indonesia yang masuk dalam rangking pemeringkatan.

Hasil dari pemeringkatan Webometrics di Januari 2021, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meriah peringkat nomor satu di perguruan tinggi Indonesia.

Sedangkan tingkat dunia, UGM menempati posisi 810.

Posisi peringkat yang diraih UGM berdasarkan penilaian tiga indikator, yakni impact atau visibility, openness atau transparency, serta excellence.

3 universitas swasta terbaik

Dari hasil pemeringkatan Webometrics, ada yang menarik untuk dilihat. Karena, ada tiga kampus swasta yang masuk dalam peringkat 20 besar universitas terbaik di Indonesia, sebagai berikut:

1. Bina Nusantara (Binus) University.

2. Telkom University.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Selain itu masih ada kampus swasta lainnya yang masuk dalam universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics, seperti Universitas Gunadarma, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro, dan Universitas Narotama.

Kemudian ada Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Mercu Buana, Universitas Atma Yogyakarta, Universitas Katolik Parahyangan, Petra Christian University, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Lalu ada, Universitas Widyatama, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Esa Unggul, Universitas Trisakti, Universitas Sanata Dharma USD Sleman, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Kristen Maranatha, dan masih banyak lainnya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/31/110400071/3-universitas-swasta-terbaik-indonesia-versi-webometrics-ada-binus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke