Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Guru Nasional, Ikuti Peluncuran Komunitas Belajar Guru Penggerak

KOMPAS.com – Pada Selasa (24/11/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) mengumumkan akan meluncurkan Komunitas Belajar Guru Penggerak.

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap 25 November, Kemendikbud melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kerja (Ditjen GTK) mengajak guru untuk menjadi bagian dari Komunitas Belajar Guru Penggerak.

“Jadi untuk para guru, bersiaplah menjadi bagian terpenting dengan berkolaborasi ini. Kami mengajak mari ‘Belajar, Bergerak, Berbagi untuk Negeri’ melalui Komunitas Belajar Guru Penggerak,” tulis Ditjen GTK Kemendikbud dalam akun Instagram resminya.

Pasalnya, Ditjen GTK Kemendikbud menganggap kegiatan kolaborasi sebagai kesempatan untuk meraih inspirasi dan gagasan.

“Kolaborasi mampu menginspirasi guru berpikir dengan cara baru,” ungkapnya.

Maka dari itu, setiap aksi dan interaksi yang guru lakukan di dalam maupun luar zonanya menjadi penting sebagai jejak dan ide berharga bagi yang lain.

Acara peluncuran “Komunitas Belajar Guru Penggeran dan Webinar Belajar dari Rekan Sejawat” akan dihadiri oleh Direktur Jendral GTK Iwan Syahril, Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru (P3) GTK Praptono, serta Koordinator Program Pendidikan Guru Penggerak Kasiman.

Selain mereka, Ketua Komunitas Guru Belajar Nusantara Usman Djabbar, Ketua Komunitas KKG Online Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur Theresia Sri Rahayu, dan Certified Trainer Microsoft Innovative Educator Yulia Verawati turut hadir dalam kegiatan peluncuran.

Sebagai tambahan, Angga selaku perwakilan dari Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat serta Duta Sains Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPTK) IPA juga meramaikan acara peluncuran.

Tautan pendaftaran dan keikutsertaan


Kegiatan “Komunitas Belajar Guru Penggeran dan Webinar Belajar dari Rekan Sejawat” akan dimoderatori oleh Koordinator Komunitas Belajar Guru Penggerak Permata Hati dan Manager Tim Event KBGP Erni Marlina.

Peluncuran ini akan diadakan pada Selasa (25/11/2020) pukul 14.00 WIB lewat aplikasi Zoom dan siaran langsung di YoUTube Komunitas Belajar Guru Penggerak.

Untuk mengikuti acara ini lewat aplikasi Zoom, silakan mendaftarkan diri lewat https://s.id/pendaftaranacarakbgp.

Sementara itu, peluncuran juga dapat disaksikan melalui tautan https://youtu.be/VifjCaQ6oro.

Terkait guru penggerak

Sebelum membuat Komunitas Belajar Guru Penggerak, Kemendikbud telah meluncurkan program Guru Penggerak untuk membuka kesempatan bagi guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator serta pendamping calon Guru Penggerak.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelatihan dan pendampingan supaya kompetensi guru serta kepala sekolah dapat membuat ekosistem pendidikan yang baik.

Masalahnya, guru merupakan kunci kesuksesan dalam kegiatan belajar dan mengajar untuk meningkatkan prestasi siswa.

Dalam survei Asia Philantropy Circle (APA), terbukti bahwa siswa 2 SMP yang mendapatkan guru baik akan berada dalam 10 persen siswa dengan prestasi terbaik saat ia berada pada jenjang 2 SMA.

Sebaliknya, apabila siswa dengan kualifikasi yang sama dan mendapatkan edukasi dari guru yang memiliki kinerja buruk, maka timbul kesenjangan 53 poin dengan anak pada kasus sebelumnya dan berada di bawah rata-rata.

Oleh karena itu, pemerintah menyadari bahwa peran guru sangat penting bagi peningkatan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Kemendikbud pun mengajak guru untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak dengan menjadi pendamping maupun partisipan.

Hingga saat ini, Kemendikbud telah dua kali merealisasikan program pendidikan guru penggerak.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/11/24/125428771/hari-guru-nasional-ikuti-peluncuran-komunitas-belajar-guru-penggerak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke