Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Roslinda: Anak-anak Kombapari Sumba Kesusahan Belajar Online

KOMPAS.com - Anak bangsa dari Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Roslinda Tamo Ina berkesempatan menyampaikan suara anak Indonesia secara online terkait dampak Covid-19 kepada perwakilan negara anggota PBB di New York, Amerika Serikat pada Rabu (8/10/2020).

Saat bersuara di PBB, Roslinda mengaku, banyak anak-anak yang mengalami kesedihan, karena tidak bersekolah lagi saat pandemi Covid-19. Bahkan, mereka banyak terganggu saat menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara online.

"Banyak teman saya, khususnya di forum anak Desa Kombapari, NTT, yang kesusahan dalam belajar atau sekolah. Mereka mengeluh belajar online, kadang tidak ada kuota internet dan jaringan jelek. Jadi teman-teman di desa kebanyakan belajar luar jaringan (luring)," kata Roslinda dalam acara Live Instagram "Muda Bertanya Suara Anak Indonesia di PBB" Selasa (13/10/2020).

Maka dari itu, perempuan yang akrab disapa Oslin ini merasa beruntung bisa menyuarakan suara anak Indonesia di PBB. Sehingga, permasalahan anak Indonesia, khususnya yang berada di pelosok bisa terdengar, bahkan harapannya bisa terbantu pada masa pandemi Covid-19.

Selain sulit belajar online, kata dia, masyarakat di pelosok Sumba Timur juga sangat susah memperoleh air bersih. Padahal, pemerintah sedang menggencarkan kampanye 3M terkait protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Akses air bersih minim sekali, karena Covid-19 kan harus cuci tangan. Di Desa Kombapari, akses untuk memperoleh dapat air bersih sulit, itu keluhan dari teman-teman, ini semoga ada tindak lanjut," harap Oslin.

Bila suara ini didengar oleh pemerintah Indonesia, lanjut Oslin, harapannya masyarakat di Sumba Timur, khususnya Desa Kombapari bisa dibantu dengan baik. Karena air bersih memiliki banyak manfaat dalam kehidupan.

"Pada intinya anak-anak sedih, perbedaannya langsung terlihat di pandemi ini. Awalnya bersekolah di sekolah, kini belajar daring. Harapannya bisa didengar baik," pungkas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/14/100845471/roslinda-anak-anak-kombapari-sumba-kesusahan-belajar-online

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke