Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perangkat Kesehatan Honeywell Bisa Diterapkan di Sekolah Saat Pandemi

KOMPAS.com - Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, tetapi pemerintah sudah memberlakukan kenormalan baru. Sehingga segala aktivitas di luar rumah sudah diperbolehkan.

Seperti halnya kerja di kantor, ataupun sekolah yang dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas.

Namun, bagaimana keamanan atau penjaminan kesehatan jika siswa ikut pembelajaran di sekolah? Apakah aman meski sudah diberikan izin karena berada di zona hijau?

Pertanyaan lain, apakah gedung-gedung di sekolah sudah bersih? Untuk itu, salah satu perusahaan multinasional asal Amerika Serikat, Honeywell memberikan jawabannya.

Yakni menyediakan produk-produk unggulan di bidang kesehatan. Salah satunya ialah masker N95 buatan Honeywell yang berkualitas.

Teknologi ramah sekolah

Tak hanya itu saja, ada pula air purifier atau alat untuk menjernihkan udara di ruangan, serta beragam produk lain yang bisa diterapkan di lingkungan sekolah.

"Sehubungan dengan sekolah, kami memiliki produk dan teknologi untuk membantu siswa kembali ke sekolah," ujar Sharad Yadav, Vice President and General Manager of Honeywell Building Technologies ASEAN pada Diskusi Online bersama awak media bertajuk Honeywell Healthy Buildings, Kamis (23/7/2020).

Menurut Sharad, pada dasarnya tuntutan kesehatan harus tidak boleh dikompromikan. Karena itu Honeywell Healthy Building Solutions dapat membantu menumbuhkan perilaku yang diinginkan dari orang-orang di sekolah dan kampus.

Hal itu seperti mengamati jarak sosial yang aman, penggunaan APD yang tepat dan protokol berbasis perilaku lainnya yang dapat mengurangi penyebaran virus.

Dia menyatakan, sekolah harus mengerjakan ulang prosedur operasi standar mereka agar orang dapat menggunakan fasilitas mereka.

Selain itu, sekolah juga harus menentukan persyaratan dan batasan untuk mengoperasikan fasilitas mereka dengan aman.

"Honeywell kemudian dapat membantu mereka mencapai tujuan dengan teknologi yang sesuai dan pada tingkat persyaratan yang berbeda dari setiap sekolah," jelas Sharad.

Bantu tingkatkan kesehatan di sekolah

Sementara itu, Roy Kosasih, Honeywell President, Indonesia and the Philippines menjelaskan, Honeywell memiliki teknologi yang bisa membantu meningkatkan aspek kesehatan di sekolah.

Salah satunya pengaturan suhu dan kelembaban. Hal ini sejalan dengan saran WHO bahwa suhu yang lebih dingin dan udara yang lebih kering, virus akan lebih lama menyebar di udara.

Namun, teknologi ini bisa mengatur sirkulasi udara segar yang telah di saring melalui filter HEPA untuk meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih.

"Selain itu, kita bisa membantu penegakan perilaku jaga jarak aman dan penggunaan APD yang benar, baik di kelas, di kantin, ataupun fasilitas-fasilitas lainnya di sekolah. Jika ada pelanggaran maka bisa langsung diketahui dan bisa dikoreksi," terangnya.

Ada masker lebih efektif perlindungannya

Tak hanya itu saja, ada produk lain yakni menggunakan thermal scanner untuk memantau suhu tubuh saat siswa bergerak di semua sudut sekolah, terutama saat semua masuk sekolah secara bersamaan.

Untuk alat pelindung diri (APD), Honeywell memiliki beberapa tipe APD termasuk masker N95 dan KN95.

"Untuk masker KN95 sedikit lebih nyaman dibanding N95. Tetapi ada satu lagi masker namun belum masuk Indonesia. Masker ini berbentuk lekuk muka hingga lebih efektif lagi perlindungannya," tandas Roy.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/23/162721771/perangkat-kesehatan-honeywell-bisa-diterapkan-di-sekolah-saat-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke