Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Batasi Kuliah Tatap Muka karena Corona, Ini Cara UTS dan UAS Mahasiswa UI

 

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Universitas Indonesia, Agustin Kusumayati saat jumpa pers di Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/3).

Menurutnya, pihak UI telah menyiapkan sejumlah cara untuk menghindari mahasiswa yang menyontek saat ujian seperti online real time exam (ujian online serempak). Agustin mengatakan ujian serempak ini akan mencegah mahasiswa mencontek.

"Kemudian ada ujian soal kasus. Kami berikan kasus dan kemudian ini jadi tugas yang harus mereka kerjakan masing-masing mahasiswa," ujar Agustin.

Ujian berbasis kasus akan berbeda setiap siswa. Ujain kasus lainnya bisa dilakukan dengan kasus yang sama tetapi pertanyaannya beda.

"Jadi bisa online exam atau memang ujian yang take home. Kalau kuliah pascasarjana banyak yang online exam," kata Agustin.

Ia tak menampik ada potensi mahasiswa mencontek saat mengerjakan ujian di rumah. Menurutnya, pihak UI telah meminimalisir risiko mencontek.

"Kali ini UTS-nya mereka bisa kerjasama, tapi tidak apa-apa itu sudah kami hitung. Kami cari cara untuk meminimalisir hal tersebut," katanya.

Adapun sistem pembelajaran online yang digunakan mahasiswa adalah EMAS (E-Learning Management System).

EMAS merupakan aplikasi yang berbasis web dan bisa dibuka secara digital melalui komputer, laptop, maupun telepon genggam.

Untuk membuka EMAS, mahasiswa mesti terhubung dengan internet dan memiliki web browser (Internet Explorer, Firefox, Google Chrome atau lainnya).


Universitas Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor: SE-703/UN2.R/OTL.09/2020 Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia yang diterbitkan pada Jumat (13/3/2020) dan ditandatangi oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah mengubah KBM dalam bentuk kuliah tatap rnuka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak hari Rabu, 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020.

Pimpinan Fakultas dan Program Studi diminta untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ.

Kegiatan KBM terselenggara dalam bentuk praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, dengan terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik tersebut menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi Covid-19.

Pimpinan Fakultas dan Program Studi dapat melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik-praktik tersebut disesuaikan dengan perkembangan keadaan.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/14/184848371/batasi-kuliah-tatap-muka-karena-corona-ini-cara-uts-dan-uas-mahasiswa-ui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke