Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin Gandeng Mufti Rusia untuk Serukan Perdamaian Rusia-Ukraina

Kompas.com - 18/06/2022, 06:17 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengundang Head of the Spritual Assembly of Muslim of Russia Mufti, Sheikh Albir Krganov dalam acara tabligh akbar bersama para habaib.

Acara yang bertajuk "Umat Islam Penggerak Perdamaian Dunia" itu digelar Kamis, 16 Juni 2022, Pukul 19:00 WIB, bertempat di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam acara tersebut, habaib, ulama dan assatid se- Jabodetabek.

"Ngaji bareng Mufti Rusia, ini dalam rangka mendoakan agar umat Islam dunia bersatu dan berjibaku menyerukan perdamaian dunia," kata Cak Imin, dalam keterangan tertulis, Kamis (16/06/2022).

Baca juga: Cak Imin dan Taktik Nebeng Demi Genjot Popularitas Jelang 2024

Cak Imin juga mengaku sengaja mengundang ulama kondang di Rusia itu sebagai upaya agar Rusia segera berdamai dengan Ukraina.

Pasalnya, sejak awal dirinya sudah tegas meminta Rusia agar segera mengakhiri invasi kepada Ukraina karena dinilai lebih banyak mudaratnya.

Cak Imin gencar mengampanyekan perdamaian, khususnya anara Rusia versus Ukraina.

Ia sudah bertemu dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva.

Beberapa waktu yang lalu, Cak Imin juga telah berdialog langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membahas kondisi negaranya yang diserang Rusia.

Cak Imin juga menggelar doa bersama ribuan kiai dan habaib di Jawa Timur khusus untuk perdamaian Rusia dan Ukraina.

Baca juga: Perjuangan Cak Imin Jadi Capres Berat, Pasar Politik Tanah Air Tak Lihat Ada Nilai Jualnya..

Sebagai informasi, Mufti Albir Krganov didampingi oleh tokoh agama dan masyarakat Rusia, ulama dan perwakilan komunitas bisnis dari wilayah Muslim Rusia memulai kunjungan persaudaraan ke Indonesia pada hari Senin.

“Selama bertahun-tahun kami mempertahankan kontak erat dengan rekan-rekan seiman kami dari Indonesia. Kami mengadakan pertemuan rutin dengan delegasi tingkat tinggi Indonesia di sela-sela forum internasional dan selama acara di Kamar Umum Federasi Rusia,” ujar Mufti Albir Krganov

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com