Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin dengan Maksimal

Kompas.com - 21/05/2022, 21:05 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Saat cuaca sedang panas, air conditioner (AC) adalah alat elektronik yang bisa diandalkan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Meski begitu, terkadang AC juga mengalami kendala seperti tidak dingin atau tidak mendinginkan ruangan dengan maksimal.

Melansir dari Mr Right, Senin (5/7/2021), ada beberapa alasan di balik tidak berfungsinya AC dengan maksimal, di antaranya non teknis dan beberapa lainnya teknis. Namun, dalam beberapa kasus, perbaikan tidak akan berhasil dan Anda mungkin perlu mengganti AC Anda dengan yang baru.

Penyebab AC tidak dingin

Berikut adalah lima alasan paling umum penyebab AC tidak dingin dan tidak bekerja dengan baik.

Filter udara tersumbat

Baca juga: Awas, AC Kotor Bisa Sebabkan Penyakit Legionellosis

Ada kemungkinan kondisi udara Anda tidak dingin karena filter udara tersumbat. Dalam hal ini, udara tidak dapat mengalir melalui filter AC dengan baik dan ini sangat mempengaruhi potensi pendinginan AC.

Tergantung pada kondisi filter, Anda mungkin perlu membersihkan atau menggantinya. Membersihkan filter udara yang tersumbat itu mudah.

Yang harus Anda lakukan adalah mengambil filter dan mencucinya dan memasangnya kembali setelah kering.

Kumparan Kotor

Jika Anda tidak puas dengan suhu di kamar, bahkan setelah AC menyala selama sekitar satu jam, maka koil kondensor mungkin tertutup kotoran. Kondensor bekerja seperti radiator, setelah mengeluarkan panas dari udara, ia membuang panas di luar.

Namun, jika banyak debu di area tersebut akan bisa terakumulasi, sehingga dapat memengaruhi kinerjanya. Semakin kotor koil kondensor, semakin tidak efisien hasilnya.

Kotoran juga akan membuat kondensor bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga memakan lebih banyak daya, namun tidak mendinginkan ruangan secara efektif.

Suhu udara tinggi

Baca juga: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Mengeluarkan Angin Panas

Setiap AC memiliki suhu operasi tertentu di mana ia dapat bekerja paling efisien. Jika suhu sekitar melampaui batas suhu optimal, efisiensi AC akan menurun secara signifikan.

Kadang-kadang, suhu di sekitarnya terlalu tinggi untuk ditanggung oleh kompresor dan berhenti bekerja sepenuhnya.

Ada kesalahan umum lain yang dilakukan orang saat memasang AC, unit outdoor langsung menghadap matahari. Hal ini dapat menyebabkan AC berhenti bekerja.

Freon tidak mencukupi

Freon adalah bagian utama dari AC, bertanggung jawab untuk mendinginkan udara saat bersirkulasi melalui koil evaporator. Jika level cairan pendingin ini turun, AC gagal mendinginkan.

Pada tahap ini, Anda memerlukan bantuan teknisi untuk mengatasinya, karena masalah pendingin tidak dapat diperbaiki sendiri dalam banyak kasus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com