Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Tentara

Kompas.com - 16/04/2022, 09:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tentara menjadi unsur penting dalam sebuah negara. Tidak hanya bertugas sebagai alat pertahanan, tentara juga menjadi alat untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Meski begitu, pada kenyataannya, beberapa negara di dunia secara administratif tidak mempunyai tentara dalam artian angkatan bersenjata.

Negara-negara berikut ini memang sudah berdaulat. Namun untuk urusan pertahanan, beberapa punya perjanjian khusus dengan negara yang pernah mendudukinya untuk urusan pertahanan. Ada pula negara yang tak memiliki tentara dengan alasan tertentu.

Baca juga: Tak Ada Sistem Pertahanan Baku, Ini 5 Negara Tanpa Tentara

Melansir Kompas.com (24/5/2021), berikut ini adalah lima negara tanpa tentara.

1. Samoa

Negara yang berlokasi di Samudra Pasifik ini merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Secara resmi negara ini dikenal sebagai Negara Independen Samoa. Sejak pendirian negara Samoa, tak ada satuan militer yang dibentuk.

Satu-satunya aspek keamanan yang diizinkan adalah kepolisian, yang mengerahkan sebuah Unit Surveilansi Maritim. Bukan berfungsi seperti angkatan bersenjata pada umumnya, unit ini hanya difungsikan untuk keamanan dalam negeri.

Dari segi persenjataan, Unit Surveilansi Maritim ini hanya dilengkapi persenjataan kecil dan mengerahkan satu perahu patroli.

Meski begitu bukan berarti Samoa tidak memiliki kekuatan pertahanan. Sebab sesuai dengan Traktat Persahabatan tahun 1962, urusan pertahanan Samoa menjadi tanggung jawab Selandia Baru.

Ilustrasi Ilustrasi

2. Vatikan

Berikutnya adalah Vatikan. Vatikan atau disebut juga sebagai Negara Kota Vatikan adalah sebuah negara enklaf yang dikelilingi tembok yang berbatasan langsung dengan kota Roma, Italia.

Vatikan menjadi negara independen terkecil di dunia yang diakui secara internasional. Luasnya hanya sekitar 44 hektar dengan populasi sebesar 842 jiwa.

Baca juga: 5 Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Malam, Apa Penyebabnya?

Negara yang diperintah Uskup Roma ini punya pejabat tertinggi yang semuanya adalah klerus Katolik dari berbagai negara.

Untuk keamanan dalam negeri dan perlindungan Sri Paus, dikerahkan angkatan bersenjata bernama Korps Gendarmerie. Meski begitu, pasukan itu secara resmi berada di bawah otoritas Tahta Suci, bukan Negara Kota Vatikan.

Tak ada perjanjian pertahanan apapun dengan Italia karena akan melanggar netralitas Vatikan. Tapi secara tak resmi, Angkatan Bersenjata Italia tetap melindungi Kota Vatikan.

3. Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall merupakan sebuah negara kepulauan yang berlokasi di Samudra Pasifik bagian barat. Nama Marshall diambil dari seorang Kapten Inggris, John Marshall, yang mengunjungi kepulauan tersebut pada tahun 1788.

Republik ini didirikan lewat perjanjian Compact of Free Association dengan Amerika Serikat yang mulai berlaku sejak 1986. Karena itu, satu-satunya angkatan bersenjata yang diizinkan adalah kepolisian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com