Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2022, 17:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Permukaan Bumi memiliki relief yang beragam, mulai dari pantai, lembah, bukit hingga gunung. Setiap negara memiliki variasi relief yang berbeda. Tahukah kamu ada negara yang tidak memiliki gunung?

Dilansir dari The World Geography, berikut ini adalah daftar negara tanpa gunung:

1. Belarus

Belarus adalah negara yang terletak di Benua Eropa. Negara ini tidak memiliki gunung dan wilayahnya didominasi dataran bukit-bukit saja. Rata-rata ketinggian dataran ini hanya 345 meter dengan titik tertingginya hanya 345 meter di atas permukaan air laut. Relief wilayah Belarus membuat negara ini paling cocok untuk pemukiman, peternakan, dan industri.

2. Lituania

Masih dari tanah Eropa, Lituania adalah negara tanpa gunung berikutnya. Wilayah negara ini hanya memiliki bukit-bukit saja dengan ketinggian maksimal 294 meter saja. Sebagian besar wilayahnya merupakan danau, hutan, dan lahan basah.

3. Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Negara ini bahkan lebih kecil dari kota-kota pada umumnya. Luas Vatikan hanya 0,44 kilometer persegi. Wilayahnya didominasi wilayah perkotaan dan tidak memiliki gunung sama sekali.

4. Estonia

Negara yang tidak memiliki gunung berikutnya adalah Estonia. Estonia memiliki rata-rata ketinggian lahan sekitar 50 meter dengan titik tertinggi hanya 318. Lebih dari setengah wilayah negara ini adalah hutan dan lahan basah tempat hidup berbagai hewan liar.

Baca juga: 5 Negara Tanpa Malam, Di Sini Matahari Terus Bersinar

5. Guinea Bissau

Guinea Bissau merupakan negara di Afrika Barat. Umunya, negara yang berdiri tanpa gunung memiliki wilayah yang kecil. Berbeda dengan Guinea Bissau.

Negara ini bahkan lebih luas dari Taiwan dan Belgia. Namun, wilayah negara ini memang terletak di dataran rendah. Kebanyakan wilayah Guinea Bissau hanya berupa sabana dan mangrove.

Itu dia 5 negara yang tidak memiliki gunung. Apakah Anda tertarik mengunjungi negara-negara di atas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com