Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2022, 11:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGunung Athos terletak di Yunani bagian utara. Gunung ini menjadi tempat yang terluas di dunia dimana wanita, anak-anak, dan hewan betina dilarang untuk mengunjungi area ini.

Gunung Athos adalah Situs Warisan Budaya

Gunung Athos telah menjadi pusat spiritual Kristen Ortodoks sejak tahun 1054. Gunung Athos juga sering disebut dengan nama Gunung Suci atau ‘The Holy Mountain’. Gunung ini menampung sebanyak 20 biara yang tersebar di area seluas 33.000 hektar. Area ini termasuk tiga semenanjung di Laut Aegean.

Gunung Athos adalah gunung yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia yang terdaftar di UNESCO sejak tahun 1988. Terdapat beberapa pertimbangan yang membuat gunung ini masuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Salah satu alasannya karena transformasi gunung tersebut menjadi pusat spiritual yang sakral dengan arsitektur yang luar biasa yang menyatu dengan alam. Bangunan yang terletak di gunung ini juga memiliki berbagai lukisan dinding.

Salah satu lukisan dinding yang paling terkenal adalah karya Manuel Panselinos di Gereja Protaton dan karya Frangis Catellanos di Great Lavra.

Baca juga: Patung Banteng Mini Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Yunani

Kenapa wanita dilarang di Gunung Athos?

Dilansir dari BBC, alasan wanita dilarang memasuki Gunung Athos adalah untuk menjaga kesucian biarawan di biara ini. Ini sejalan dengan budaya Kristen Ortodoks.

Dikisahkan Bunda Maria berlayar menuju Cyprus namun terdampar di Gunung Athos. Ia sangat menyukai tempat itu dan berdoa agar tempat itu hanya menjadi miliknya. Sejak saat itu, gunung ini juga di sebut sebagai Taman Bunda Maria.

Kisah tersebut menjadi dasar untuk melarang wanita masuk ke gunung ini. Di Gunung Athos, para biarawan hanya memuja Bunda Maria saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com