Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dibuka, Cek Link www.prakerja.go.id untuk Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24

Kompas.com - 19/03/2022, 11:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja di tahun 2022 ini. Kartu Prakerja gelombang sebelumnya dibuka pada bulan Februari lalu.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 24 atau menjadi yang kedua di tahun 2022 ini sudah dibuka sejak Kamis (17/3/2022). Masyarakat yang berkeinginan mengikuti program Kartu Prakerja Gelombang 24 bisa segera mendaftar di link resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id

Namun ada sedikit perbedaan antara Kartu Prakerja Gelombang 24 ini dengan gelombang sebelumnya. Jika pada Kartu Prakerja Gelombang 23 kuota pendaftaran mencapai 500 ribu peserta, untuk kali ini Kartu Prakerja gelombang 24 hanya akan menerima 300.000 peserta.

Baca juga: Link Dashboard dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 yang Dibuka Hari Ini

Di luar itu, tidak ada perbedaan lain antara Kartu Prakerja Gelombang 24 dengan Kartu Prakerja sebelumnya. Termasuk insentif yang akan diterima peserta.

Total insentif yang akan diterima peserta yakni sebesar Rp 2,4 juta rupiah yang terbagi menjadi Rp 600.000/bulan selama empat bulan. Pemberian insetif dilakukan setelah peserta selesai melakukan pelatihan.

Kartu Prakerja sendiri merupakan program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan.

Dukungan akan diberikan dalam bentuk bantuan berupa biaya yang diberikan bagi para calon pekerja, pekerja yang terdampak PHK, dan juga pelaku usaha mikro dan kecil.

Secara total, pemerintah menargetkan ada 2,9 juta orang yang menjadi peserta Kartu Prakerja di sepanjang tahun 2022 ini.

Baca juga: Kisah Pemulung di Bengkulu, Gulung Tikar saat Pandemi Bangkit Kembali Berkat Prakerja

Tampilan halaman depan laman resmi program Kartu PrakerjaTangkapan layar laman www.prakerja.go.id Tampilan halaman depan laman resmi program Kartu Prakerja

Syarat pendaftaran Kartu Prakerja

Tidak semua masyarakat bisa mendaftar Kartu Prakerja. Untuk bisa menerima program Kartu Prakerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia peserta adalah 18 sampai 64 tahun
  3. Calon peserta dalam keadaan tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  4. Merupakan pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  5. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD Dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja
  6. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Mau Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 24? Ini Rahasianya

Cara daftar Kartu Prakerja

Cara mendaftar kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id dengan mudahwww.prakerja.go.id Cara mendaftar kartu prakerja di laman www.prakerja.go.id dengan mudah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan di laman resmi prakerja.go.id.

Hal ini penting untuk diketahui sebab banyak situs-situs prakerja palsu dengan domain .xyz yang memiliki tampilan mirip dengan situs resmi prakerja.go.id

Baca juga: Prakerja Gelombang 24 Dibuka, Golongan Ini Tak Bisa Daftar!

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja:

  1. Kunjungi laman Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id;
  2. Buat akun dengan cara masukkan alamat email, data KTP, KK, nomor HP, dan data diri lainnya untuk diverifikasi;
  3. Lengkapi data diri yang diminta;
  4. Verifikasi foto KTP;
  5. Verifikasi foto wajah;
  6. Verifikasi nomor ponsel. Selanjutnya Anda akan menerima 6 digit kode OTP, masukkan;
  7. Isi pernyataan pendaftaran sesuai dengan kondisi terkini Anda;
  8. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar;
  9. Adapun tes yang dikerjakan, harus diselesaikan dalam durasi maksimal 25 menit. Apabila waktu habis, tes akan dianggap selesai dan terkirim otomatis. Tes yang diujikan adalah soal motivasi dan kemampuan dasar.
  10. Peserta diperbolehkan membawa alat bantu, seperti kertas dan bolpoin untuk corat-coret saat mengerjakan soal. Klik "mulai tes" untuk mengerjakan soal motivasi dan kemampuan dasar.
  11. Klik "Gabung gelombang", klik pernyataan persetujuan, dan dapatkan konfirmasi melalui SMS dan email bahwa Anda telah lolos seleksi dan tergabung dalam gelombang ke-24 Kartu Prakerja.

Informasi seputar tentang Kartu Prakerja bisa diakses di situs resmi www.prakerja.go.id atau akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

(Sumber:Kompas.com/Soffya Ranti | Editor: Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com