Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Sebut Curah Hujan di Bulan Maret hingga April Masih Tinggi

Kompas.com - 13/03/2022, 09:46 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia sejak akhir tahun 2021 lalu hingga kini. Telah berlangsung selama beberapa bulan, muncul pertanyaan, kapan musim hujan berakhir?

Menjawab pertanyaan ini, Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Supari PhD pun memberi penjelasan.

Menurut Supari, untuk bulan Maret hingga April, secara umum peluang terjadinya hujan masih cukup tinggi, yakni di atas 150 mm per bulan. Ini terjadi tidak hanya di 1-2 wilayah saja, melainkan hampir merata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kapan Musim Hujan Berakhir? BMKG: Maret dan April Masih Tinggi Hujan

"Ini peluang masih besar untuk terjadi curah hujan >150 mm per bulan, di April, dan hampir merata di seluruh Indonesia. Bahkan, bisa > 200 mm/bulan," kata Supari kepada Kompas.com, Sabtu (12/3/2022).

"Tetapi hujan 300 mm/bulan juga bisa dari hujan intensitas sedang tapi frekuensinya banyak," tambahnya.

Meski begitu, Supari menuturkan, bersamaan dengan itu akan ada wilayah yang secara berangsur memasuki musim hujan.

Karena melihat masih adanya potensi curah hujan tinggi, Supari mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap peluang bencana hidrometeorologi di bulan Maret ini hingga April mendatang.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Puncak Musim Hujan dan Penyebab Banyak Terjadi Banjir

Bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi di antaranya banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalanan licin dan berlubang.

"Curah hujan bulanan masih tinggi hingga April, tetap waspada potensi bencana hidrometeorologi," jelasnya.

Sebelumnya, dikutip dari berita Kompas.com (26/11/2022), BMKG memperkirakan musim hujan akan mulai berakhir pada bulan April-Mei 2022. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) A Fachri Radjab

Baca juga: 6 Tips Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

"Saat ini hampir sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki periode musim hujan, puncaknya belum tapi. Puncaknya prediksi hingga Februari 2022 dan akhir musim hujan bulan April-Mei 2022 nanti," kata Fachri dalam diskusi secara virtual, Jumat (26/11/2021).

(Sumber:Kompas.com/Ellyvon Pranita | Editor: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com