Penjelasan BMKG soal Puncak Musim Hujan dan Penyebab Banyak Terjadi Banjir

Kompas.com - 22/01/2022, 12:50 WIB
Banjir di wilayah Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mulai menyusut, Jumat (21/1/2022). Dok.BPBD Kabupaten KediriBanjir di wilayah Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mulai menyusut, Jumat (21/1/2022).

KOMPAS.com - Memasuki awal tahun 2022, sejumlah daerah di Indonesia mulai dilanda banjir. Mulai dari Jakarta, Palembang, hingga Jember.

Awal pekan ini misalnya, banjir Jakarta yang terjadi sejak Selasa (18/1/2022), belum surut hingga keesokan harinya, dan justru makin meluas.

Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pada Selasa (18/1/2022) lalu, terdapat sekitar 93 RT yang terendam banjir dengan ketinggian air 40-100 cm.

Bahkan, Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Moh Insaf mengatakan, sampai pukul 15.00 WIB di hari yang sama, terjadi penambahan titik banjir di Jakarta menjadi 102 RT.

Baca juga: Saat Anies Sibuk Bicara soal Sound System JIS di Tengah Masalah Banjir Jakarta...

Apalagi ketika terjadi hujan lebat atau hujan turun dengan intensitas sedang dalam durasi yang cukup lama, maka beberapa kawasan permukiman warga hingga jalanan protokol ibu kota akan tergenang air, sehingga membutuhkan waktu beberapa jam sampai air surut kembali.

Pemukiman warga di Kelurahan Tegal Alur Jakarta Barat terendam banjir sejak kemarin, Rabu (19/1/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Pemukiman warga di Kelurahan Tegal Alur Jakarta Barat terendam banjir sejak kemarin, Rabu (19/1/2022).

Kondisi yang tidak jauh berbeda juga melanda wilayah lain, seperti Palembang dan Jember. Hujan deras yang mengguyur pada kabupaten Jember pada Senin (17/1/2022) lalu juga menyebabkan puluhan rumah milik 45 kepala keluarga di Kecamatan Patrang dan Kaliwates, Jember, terendam banjir.

Meski banjir-banjir yang melanda Jakarta dan Jember tidak mengakibatkan korban jiwa, banyak aktivitas masyarakat yang menjadi terganggu.

Tak sedikit juga warga yang terpaksa mengungsi lantaran rumahnya terendam banjir. Tak hanya itu beberapa fasilitas publik juga ikut terdampak.

Sementara itu berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di awal 2022 ini, banjir sudah dilaporkan terjadi di sejumlah daerah, di antaranya:

Baca juga: Kepala BNPB: Walaupun Baru Masuk Januari, Sudah Ada 190 Kejadian Bencana

  • Aceh Timur (Aceh)
  • Padang Lawas (Sumatera Utara)
  • Semarang (Jawa Tengah)
  • Bungo (Jambi) Kediri (Jawa Timur)
  • Nunukan (Kalimantan Utara)
  • Jayapura (Papua)
  • Cirebon (Jawa Barat)
  • Balangan (Kalimantan Selatan)
  • Solok (Sumatera Barat)
  • Jember (Jawa Timur)
  • Hulu Sungai Tengah (Kalimantan Selatan)
  • Garut (Jawa Barat)
  • Konawe (Sulawesi Tenggara).

Lalu apa yang menyebabkan sejumlah daerah di Indonesia dilanda banjir dalam waktu yang berdekatan?

Baca juga: Banjir di Banyak Daerah, Kapan Puncak Musim Hujan Berakhir? Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi musim hujan.Dok. Shutterstock Ilustrasi musim hujan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.