Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Kuning Sisa Deodoran pada Pakaian Putih

Kompas.com - 12/03/2022, 12:15 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Noda deodoran biasanya berupa bercak kuning di bagian ketiak pada pakaian berwarna putih.

Noda deodoran pada pakaian putih sangat sulit dihilangkan, bahkan dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Tentu dengan adanya noda deodoran pada pakaian putih dapat mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri ketika mengenakan pakaian tersebut.

Akan tetapi, jangan dulu membuang pakaian yang memiliki noda deodoran itu, sebab ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda tersebut.

Dilansir dari Southern Living melalui KOMPAS.com, sebuah brand produk kebersihan pakaian, Clorox, membagikan cara membersihkan noda deodoran pada pakaian, yakni:

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Kipas Angin dengan Mudah

- Campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan satu cangkir baking soda dan satu cangkir air keran. Rebus dua gelas larutan tersebut sampai mendidih.

- Letakkan pakaian di ember atau tempat lainnya, tapi pastikan bagian ketiak berada di atas.

- Tuangkan air mendidih dengan hati-hati ke atas noda deodoran untuk mencairkan sisa kotoran yang masih menempel pada pakaian.

- Biarkan sebagian air panas mengalir dari pakaian ke dalam ember. Gunakan sarung tangan atau penjepit tahan panas untuk mengangkat pakaian.

- Oleskan larutan baking soda dan hidrogen peroksida pada noda selama lima menit. Selanjutnya, cuci pakaian dengan mesin cuci, air hangat, dan pemutih dalam jumlah yang cukup.

- Pastikan mengeringkan pakaian di udara untuk hasil terbaik. Bila noda deodoran masih ada, ulangi langkah tersebut hingga noda menghilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Bantal yang Kotor dan Bau Tanpa Mencucinya

Cara mencegah penumpukan noda pada area ketiak pakaian

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (8/3/2022), Clorox juga memberikan tips mencegah penumpukan noda pada pakaian.

Pertama, hindari mencuci pakaian putih dengan mesin cuci yang penuh. Dengan begitu, pakaian memiliki cukup ruang dan air dapat dengan mudah bersirkulasi.

Kedua, mencuci pakaian putih dengan air panas dengan siklus pencucian. Jika khawatir tentang penyusutan, keringkan pakaian di udara.

Detergen yang baik memiliki enzim yang tercantum dalam daftar bahan dan hanya boleh menggunakannya dalam jumlah yang disarankan, karena terlalu banyak detergen justru dapat menyebabkan penumpukan noda baru pada pakaian.

Selain itu, cuci pakaian putih dengan pemutih. Pastikan menggunakan jumlah pemutih yang sesuai dengan jumlah serat pakaian yang dicuci.

(Penulis: Aniza Pratiwi | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com