Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Rusia ke Ukraina, Ini Sikap Negara-negara di Dunia

Kompas.com - 26/02/2022, 07:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Serangan yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina memicu reaksi dunia internasional. Rusia melakukan invasi ke negara tetangganya tersebut setelah Presiden Vladimir Putin menyampaikan pidato dan mendeklarasikan operasi militer khusus Rusia di Ukraina, Kamis (24/2/2022).

Hanya dalam waktu kurang lebih sehari, Rusia mengklaim telah melumpuhkan lebih dari 70 fasilitas infrastruktur milik Ukraina. Sementara Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, sebanyak 137 warga Ukraina tewas di hari pertama invasi Rusia ke negaranya.

Serangan Rusia ke Ukraina ini mendapat respons beragam dari negara-negara di dunia. Sejumlah negara terang-terangan mengecam serangan yang dilakukan oleh Putin. Kebanyakan adalah negara-negara barat.

Baca juga: Serangan Rusia Ke Ukraina, Siapa Negara Pendukung Mereka?

Sementara beberapa negara lainnya juga ada yang bergeming atas serangan tersebut dan menyatakan keberpihakannya ke Rusia.

Berikut adalah sikap negara-negara di dunia atas invasi Rusia ke Ukraina.

Negara yang mengecam serangan Rusia ke Ukraina

Berikut ini adalah negara yang mengecam dan menjatuhkan sanksi kepada Rusia setelah serangan terhadap Ukraina.

1. Amerika Serikat

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengecam operasi militer yang dilancarkan oleh Rusia di Ukraina. Biden berjanji bahwa Amerika sekutunya akan meminta pertanggungjawaban terhadap Rusia atas serangan yang dilakukannya.

Sebelumnya, AS telah menolak permintaan Rusia agar Ukraina tidak menjadi anggota NATO. Sehingga karena merupakan anggota NATO terkuat, AS memiliki pengaruh atas tindakan apa yang akan terjadi kedepannya.

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.AFP/ERIC BARADAT via DW INDONESIA Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

2. Inggris

Berikutnya ada Inggris. Seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis (24/2/2022), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengaku, terkejut atas tindak serangan Rusia ke Ukraina.

Kendati demikian, ia telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membahas langkah selanjutnya.

Boris Johnson juga menyebut akan menjatuhkan sanksi besar-besaran untuk menghambat ekonomi Rusia.

"Hari ini, bersama dengan sekutu kami, kami akan menyetujui paket besar sanksi ekonomi yang dirancang pada waktunya untuk menghambat ekonomi Rusia," ujarnya.

Baca juga: Pernyataan Lengkap Joe Biden Terkait Operasi Militer Rusia di Ukraina

3. Uni Eropa

Uni Eropa mengecam serangan yang dilancarkan oleh Rusia ke Ukraina. Kepala Uni Eropa Ursula von der Leyen juga berjanji akan meminta pertanggungjawaban dari Rusia terkait serangannya ke Ukraina.

"Kami sangat mengutuk serangan Rusia yang tidak dapat dibenarkan terhadap Ukraina. Di masa-masa gelap ini, pikiran kami bersama Ukraina dan wanita, pria, dan anak-anak yang tidak bersalah saat mereka menghadapi serangan dan ketakutan yang tidak beralasan ini untuk hidup mereka," tulis Ursula von der Leyen di akun Twitter resminya, Kamis (24/2/2022).

"Kami akan meminta pertanggungjawaban Kremlin," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com