Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Kompor Gas yang Tepat agar Api Tetap Biru dan Awet

Kompas.com - 12/02/2022, 09:32 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kompor gas adalah peralatan dapur yang harus rajin dirawat agar terjaga ketahanannya. Merawat kompor gas juga agar api tetap biru.

Cara merawat kompor gas tidak hanya dibersihkan, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya kompor gas awet.

Dilansir dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher berikut cara merawat kompor gas dengan benar.

1. Bersihkan tungku setelah masak

Setelah selesai memasak, tungku kompor harus segera dibersihkan. Caranya, lap seluruh bagian dengan teliti kemudian sikat sela-selanya dengan sikat plastik.

Atau, bisa juga memakai cairan pembersih khusus untuk kompor. Tak lupa, bersihkan pula badan kompor agar kotorannya tidak mengerak.

2. Lap berulang

Baca juga: 4 Cara Rawat Kompor Gas agar Awet dan Api Tetap Biru

Sisa minyak yang ada pada tungku dan badan kompor harus dibersihkan dengan cara dilap berulang. Pertama, lap menggunakan kertas bekas kemudian lap lagi pakai kain bersih.

3. Bersihkan secara berkala

Kompor gas harus dibersihkan secara berkala agar tetap awet. Hal ini perlu dilakukan sekalipun kompornya jarang dipakai.
Saat dibersihkan, lepas masing-masing komponen agar lebih mudah menjangkau debu dan kotorannya.

4. Periksa regulator

Regulator gas perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan keamanannya. Pastikan regulator terpasang dengan benar agar aman saat digunakan itu.

Selain itu, pastikan pula tekanannya berada pada posisi low pressure untuk meminimalisir risiko ledakan dan api tetap biru.

(Sumber : Kompas.com Penulis Lea Lyliana | Editor Lea Lyliana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com