Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sebelum Membeli Rumah bagi Pasangan Generasi Milenial

Kompas.com - 25/12/2021, 16:04 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Pada saat ini, generasi milenial yang berada di rentang usia 24-39 tahun sudah memiliki atau sudah berencana membeli rumah dan hunian untuk masa depan.

Tidak hanya itu, membeli rumah sendiri juga sebuah cita-cita yang diharapkan oleh banyak orang, termasuk generasi milenial.

Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial untuk mengetahui beragam hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah.

Merujuk Siaran Pers dari Pinhome, Selasa (21/12/2021), berikut ini beberapa tips dan trik bagi milenial yang berencana mencari dan membeli rumah pertamanya.

Hal yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah

Data JLL yang disampaikan pada kegiatan CoTalks, menunjukkan bahwa rumah yang memiliki kisaran harga Rp1,3 miliar - Rp2 miliar mendapatkan permintaan paling banyak pada tahun 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa affordability atau keterjangkauan merupakan salah satu faktor esensial bagi orang-orang sebelum membeli properti.

Selain itu, faktor utama lain yang tak kalah pentingnya adalah lokasi properti yang sesuai dengan tempat mereka beraktivitas.

Baca juga: Tips dan Trik Mencari Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Johanes Thung, Senior Sales and Business Development Pinhome mengatakan kalau salah satu hal yang harus diperhatikan generasi milenial dalam mencari rumah pertama adalah luas tanah dan luas bangunan.

Untuk pasangan suami-istri yang baru menikah, mungkin luas tanah sekitar 60m2 dengan dua kamar tidur dirasa sudah cukup.

Namun, saat sudah memiliki dua anak, kebutuhannya menjadi berubah, sehingga mereka membutuhkan area yang lebih luas dan ruangan yang lebih banyak.

"Untuk mendukung kehidupan sehari-hari, fasilitas pendukung yang ada di sekitar lokasi juga sangat penting dipertimbangkan. Hal ini dapat berupa keamanan, taman bermain untuk anak, atau tempat ibadah," kata Johanes.

Untuk milenial, aksesibilitas juga harus menjadi pertimbangan sebelum membeli properti, karena mereka akan cenderung memilih hunian yang dekat dengan akses transportasi, fasilitas umum, dan layanan-layanan lainnya.

Bedakan karakteristik properti primer dan sekunder

Pilihan properti atau rumah primer dan sekunder memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, sesuai dengan kebutuhan pembelinya.

Pinhome merangkum beberapa karakteristik masing-masing properti sebagai berikut:

Properti primer

Memiliki keunggulan desain lebih modern karena biasanya properti ini merupakan bangunan baru.
Oleh karena itu, pembayaran untuk rumah ini juga memiliki lebih banyak opsi dan administrasi yang lebih mudah untuk diurus dibandingkan rumah sekunder.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com