Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Home Alone Jadi Film yang Selalu Muncul saat Libur Natal?

Kompas.com - 25/12/2021, 16:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang identik dengan Hari Raya Natal? Anda bisa menyebut banyak hal. Mulai dari pohon Natal, kado, liburan, hingga santa claus. Namun ada satu hal lainnya yang juga cukup identik dengan Natal, yakni Home Alone.

Home Alone adalah film dirilis pada tahun 1990 lalu. Namun hingga kini, Home Alone masih sering diputar setiap momen libur Natal dan Tahun Baru tiba.

Dibintangi oleh Macaulay Culkin, Home Alone bercerita tentang seorang bocah bernama Kevin McCallister yang tinggal sendirian di rumah karena tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya yang pergi merayakan Natal di luar negeri.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Bertema Natal untuk Mengisi Waktu Liburan

Kevin kemudian harus memutar akal karena rumahnya jadi sasaran kejahatan dua orang perampok. Aksi Kevin melawan perampok inilah yang kemudian membuat Home Alone begitu menarik.

Kesuksesan Home Alone ini dilanjutkan oleh sekuelnya yakni Home Alone 2: Lost in New York yang rilis di tahun 1992. Selanjutnya, seri film Home Alone sempat dibuat ulang beberapa kali, namun pemerannya sudah berbeda dari dua film Home Alone yang pertama.

Lalu pertanyaannya, mengapa Home Alone seperti selalu menjadi film wajib saat libur Natal tiba?

Seperti diulas Kompas.com (2019), setidaknya ada lima alasan kenapa film yang sudah berusia cukup tua ini masih tetap bisa relevan dan digemari hingga saat ini. Berikut alasannya:

1. Musik

Alasan pertama adalah musik. Musik adalah kunci penting dari kesuksesan sebuah film, termasuk Home Alone. Ada nama komposer legendaris John Williams di balik suksesnya film Home Alone. Selain Home Alone, Williams juga pernah bekerja untuk ‘Star Wars’, ‘Jaws’, hingga ‘Indiana Jones’.

Jadi, ketika ada nama John Williams di dalam sebuah produksi film, bisa dipastikan bahwa ada hal istimewa yang sedang dibuat.

Pada Home Alone, Williams memberikan musik tema yang luar biasa untuk peristiwa yang terjadi dalam film. Seperti suara lonceng, yang kapan pun mendengar akan merasakan bahwa film ini memang salah satu film Natal terbaik.

Baca juga: Sensasi Liburan Unik, Menginap di Rumah Home Alone dan Pasang Jebakan Pencuri

Rumah Home Alone disewakan di Airbnb.Airbnb Rumah Home Alone disewakan di Airbnb.

2. Penjahat tapi lucu

Selain Kevin, tokoh sentral lainnya pada film Home Alone adalah dua orang penjahat yang diperankan oleh Joe Pesci dan Daniel Stern.

Ketika membandingkan film Home Alone dengan film Natal lainnya, karakter penjahat di film ini jauh berbeda. Karakter penjahat dalam film ini seperti tidak menimbulkan rasa benci ataupun kesal.

Selain itu, ada hal lain terkait dinamika keluarga, ketika antara saudara juga bisa selalu adu argumen lucu yang juga biasa ditemukan di dalam kehidupan nyata.

3. Sederhana

Ketika Natal dan keluarga duduk berkumpul di depan televisi, banyak orang yang hanya ingin melihat sesuatu yang ringan dan santai, yang membiarkan antara anggota keluarga tetap bisa saling berbincang, bukan justru membuat orang fokus pada apa yang terjadi dalam film.

Hal itu yang bisa ditemukan pada Home Alone. Orang bisa tetap bersantai sambil menonton film dan tidak perlu terlalu serius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com