Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Said Iqbal: Bergembiralah Pengusaha, Pak Anies Sangat Cerdas

Kompas.com - 19/12/2021, 07:53 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memuji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena sudah merevisi kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta dari 0,8 persen jadi 5,1 persen.

Iqbal menyebut apa yang dilakukan Anies itu merupakan tindakan yang cerdas. Ia menilai Anies sebagai sosok cerdas karena bisa mengambil keputusan revisi kenaikan UMP itu berdasarkan kalkulasi hukum dan prediksi ekonomi.

"Jadi bergembiralah pengusaha, Pak Anies sangat serdas, menghitung kalkulasi angka-angka berdasarkan hukum yang ada, dan juga berdasarkan hukum yang berkeadilan dan juga kalkulasi ekonomi," kata Said dalam keterangan video, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Kenaikan UMP DKI Direvisi Jadi 5,1 Persen, Said Iqbal: Pak Anies Sangat Cerdas!

Said optimistis kenaikan UMP sebesar 5,1 persen akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

Iqbal berulangkali mengatakan bahwa kenaikan UMP akan menguntungkan pengusaha karena akan ada banyak transaksi ketika buruh diberikan upah tinggi.

Menurutnya, langkan Anies ini diapresiasi bukan hanya oleh kaum buruh dan pekerja di DKI Jakarta, tetapi juga diapresiasi oleh seluruh buruh dan pekerja di Indonesia.

"Langkah yang diambil Gubernur DKI Jakarta buruh Indonesia dan buruh DKI Jakarta mengapresiasi, itu yang pertama, karena akan terjadi peningkatan daya beli yang berimplikasi pada daya beli," ujar dia.

Revisi kenaikan UMP jadi 5,1 persen

Sebelumnnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menaikan UMP DKI Jakarta dari sebelumnya Rp 4.416.186 menjadi Rp 4.641.854.

Anies mengatakan, keputusan kenaikan UMP tersebut diharapkan bisa menaikan daya beli masyarakat dan tidak memberatkan para pengusaha.

"Yang lebih penting adalah melalui kenaikan UMP yang layak ini, kami berharap daya beli masyarakat atau pekerja tidak turun," ujar Anies, Sabtu.

Baca juga: UMP Jakarta Jadi Rp 4.641.854, Anies Bilang Sudah Layak bagi Pekerja

"Kami menilai kenaikan 5,1 persen ini suatu kelayakan bagi pekerja dan tetap terjangkau bagi pengusaha. Ini juga sekaligus meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat. Ini wujud apreasi bagi pekerja dan juga semangat bagi geliat ekonomi dan dunia usaha. Harapan kami ke depan, ekonomi dapat lebih cepat derapnya demi kebaikan kita semua," kata Anies. (Sumber: Kompas.com\ Penulis: Singgih Wiryono | Editor: Jessi Carina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com