Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Letakkan 6 Barang Ini di Atas Kulkas, Ini Alasannya

Kompas.com - 12/12/2021, 06:15 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang memanfaatkan bagian atas kulkas menjadi tempat meletakkan barang. Hal ini dilakukan agar mudah dilihat dan diambil jika dibutuhkan.

Oleh karena itu, kita sering melihat kotak, buku, wadah penyimpanan kecil dan barang lainnya ada di atas kulkas.

Namun, ternyata menyimpan barang-barang di atas kulkas dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dan mendatangkan beberapa risiko bahaya.

Benda-benda yang berada di atas kulkas dapat menghalangi ventilasi alat dan memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga isinya tetap dingin.

Melansir dari Bobvila, Minggu (5/12/2021), berikut enam benda yang tidak boleh disimpan di atas kulkas.

Peralatan dapur kecil

Kulkas standar dapat menampung lebih dari 18 kilogram barang di atasnya. Di rumah-rumah dengan ruang terbatas, banyak orang menyimpan peralatan dapur di atas kulkas seperti oven pemanggang roti atau microwave.

Namun, peralatan ini berat, mudah pecah, berisiko mendatangkan cedera pada orang ketika terjatuh, serta kerusakan.

Baca juga: 6 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas

Menyimpan oven dan microwave di atas kulkas juga membuatnya lebih mungkin dicolokkan ke stopkontak yang sama dengan kulkas sehingga dapat membebani sirkuit. Padahal, kulkas harus dicolokkan secara sendiri.

Kotak sereal

Tidak semua orang memiliki lemari untuk menyimpan kotak sereal, tetapi bukan berarti harus menyimpannya di atas kulkas.

Kotak sereal tidak hanya dapat menghalangi ventilasi kulkas, tetapi saat berada di tempat terbuka, kotak sereal lebih mudah diakses hama.

Selain itu, tikus sering memakan biji-bijian dan kotak sereal yang tipis itu sangat mudah dimasuki tikus. Untuk menjaga sereal tetap aman, cobalah wadah sereal kedap udara yang tidak dapat dikunyah tikus.

Obat-obatan

Obat datang dalam berbagai bentuk seperti tablet, cair, dan puyer. Semua obat harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada label untuk memastikan obat terus bekerja dengan baik.

Ketika obat disimpan di atas kulkas, panas yang terperangkap dapat mempengaruhi kinerja dan suhu tertentu dapat mengubah bentuk molekul bahan aktifnya atau menyebabkan penguraian obat.
Sebaliknya, simpan obat-obatan di lemari jauh dari sumber panas.

Barang pecah belah dapur

Meski tidak sering menggunakan nampan penyajian keramik atau ketel teh, jangan menyimpannya di atas kulkas.

Menyimpan barang-barang ini, terlebih yang terbuat dari material pecah belah seperti kaca, porselen, dan keramik adalah bahaya besar.

Sebab, setiap kali kulkas dibuka dan ditutup, dapat menyebabkan barang-barang di atas kulkas ini bergeser. Seiring waktu, dengan gerakan yang cukup dan bantuanBaca juga: Buah Alpukat Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, asalkan...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com