Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Letakkan 6 Barang Ini di Atas Kulkas, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Banyak orang memanfaatkan bagian atas kulkas menjadi tempat meletakkan barang. Hal ini dilakukan agar mudah dilihat dan diambil jika dibutuhkan.

Oleh karena itu, kita sering melihat kotak, buku, wadah penyimpanan kecil dan barang lainnya ada di atas kulkas.

Namun, ternyata menyimpan barang-barang di atas kulkas dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan dan mendatangkan beberapa risiko bahaya.

Benda-benda yang berada di atas kulkas dapat menghalangi ventilasi alat dan memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga isinya tetap dingin.

Melansir dari Bobvila, Minggu (5/12/2021), berikut enam benda yang tidak boleh disimpan di atas kulkas.

Peralatan dapur kecil

Kulkas standar dapat menampung lebih dari 18 kilogram barang di atasnya. Di rumah-rumah dengan ruang terbatas, banyak orang menyimpan peralatan dapur di atas kulkas seperti oven pemanggang roti atau microwave.

Namun, peralatan ini berat, mudah pecah, berisiko mendatangkan cedera pada orang ketika terjatuh, serta kerusakan.

Menyimpan oven dan microwave di atas kulkas juga membuatnya lebih mungkin dicolokkan ke stopkontak yang sama dengan kulkas sehingga dapat membebani sirkuit. Padahal, kulkas harus dicolokkan secara sendiri.

Kotak sereal

Tidak semua orang memiliki lemari untuk menyimpan kotak sereal, tetapi bukan berarti harus menyimpannya di atas kulkas.

Kotak sereal tidak hanya dapat menghalangi ventilasi kulkas, tetapi saat berada di tempat terbuka, kotak sereal lebih mudah diakses hama.

Selain itu, tikus sering memakan biji-bijian dan kotak sereal yang tipis itu sangat mudah dimasuki tikus. Untuk menjaga sereal tetap aman, cobalah wadah sereal kedap udara yang tidak dapat dikunyah tikus.

Obat-obatan

Obat datang dalam berbagai bentuk seperti tablet, cair, dan puyer. Semua obat harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada label untuk memastikan obat terus bekerja dengan baik.

Ketika obat disimpan di atas kulkas, panas yang terperangkap dapat mempengaruhi kinerja dan suhu tertentu dapat mengubah bentuk molekul bahan aktifnya atau menyebabkan penguraian obat.
Sebaliknya, simpan obat-obatan di lemari jauh dari sumber panas.

Barang pecah belah dapur

Meski tidak sering menggunakan nampan penyajian keramik atau ketel teh, jangan menyimpannya di atas kulkas.

Menyimpan barang-barang ini, terlebih yang terbuat dari material pecah belah seperti kaca, porselen, dan keramik adalah bahaya besar.

Tanaman hias

Walau tidak berlaku untuk semua tanaman hias, banyak jenis tanaman yang tidak senang dengan kondisi kehidupan di atas kulkas.

Tanaman hias mungkin tidak menyukai panas, tidak mendapatkan cukup cahaya di sana, atau akan mengering.

Selain itu, tanaman di atas kulkas sulit disiram, dijangkau, dan harus memindahkan ke tempat lain ketika menyiramnya sehingga membuat tanaman jarang mendapat penyiraman.

Rak atau kusen jendela adalah pilihan yang lebih baik untuk meletakkan tanaman hias di dapur.

Kentang dan bawang

Ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas seperti kentang dan bawang karena dapat membuat lebih cepat rusak atau membusuk.

Namun, bukan berarti menyimpan keduanya di atas kulkas. Kentang harus disimpan di tempat sejuk dan gelap, tapi tidak sama sekali di kulkas.

Begitu pun bawang merah dan bawang putih perlu disimpan di tempat yang berventilasi baik seperti di keranjang terbuka di atas meja.

(Sumber: Kompas.com Penulis Esra Dopita Maret | Editor Esra Dopita Maret)

https://www.kompas.com/wiken/read/2021/12/12/061500781/jangan-letakkan-6-barang-ini-di-atas-kulkas-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke