Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Login WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus

Kompas.com - 24/10/2021, 16:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

 

KOMPAS.com - Fitur multi-device dari WhatsApp (WA) sudah bisa dinikmati para pengguna di Indonesia sejak Juli 2021 lalu.

Fitur tersebut tersebut membuat para pengguna WA dapat login di empat perangkat sekaligus tanpa perlu ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Sebelumnya, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online saat pengguna hendak login WhatsApp di perangkat lain, seperti aplikasi desktop atau web.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (21/10/2021), fitur multi-perangkat ini masih dalam tahap beta.

Dengan begitu, pengguna di Indonesia yang ingin mencoba fitur WhatsApp tersebut juga harus bergabung dengan program beta.

Baca juga: Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Isi Chat

Caranya, klik menu Linked devices di ikon Tiga Titik yang terletak di pojok kanan atas WhatsApp Android atau iOS. Setelah itu, klik menu Multi-device beta, lalu klik tombol Join Beta.

Setelah itu, pengguna bisa kembali ke tampilan sebelumnya lalu klik Link a device untuk memindai kode QR di perangkat yang akan dihubungkan.

Jika sebelumnya sudah login di WhatsApp Web atau Desktop, pengguna akan kembali diminta untuk memindai kode QR yang baru.

Dengan menggunakan fitur multi-device, pengguna bisa login WA di perangkat lain meski ponsel dengan nomor yang terdaftar tidak terhubung dengan jaringan internet alias offline.

Akan tetapi, saat pengguna hendak menggunakan fitur terbaru WhatsApp ini untuk pertama kalinya, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus dalam kondisi online.

Setelah proses login berhasil, meski ponsel tersebut nonaktif atau offline, pengguna masih tetap bisa login WA di perangkat lain.

Baca juga: Cara Mudah Ganti Huruf Jadi Tebal, Miring atau Dicoret di WhatsApp

Adapun jumlah perangkat yang bisa dihubungkan dengan fitur ini adalah maksimal empat perangkat, termasuk WhatsApp Web, Desktop, dan Portal.

Selain itu, kini pengguna WA juga bisa mengaktifkan WhatsApp Web di dua tab pada satu browser yang sama atau di dua browser yang berbeda, misalnya di Chrome dan Firefox.

Sebelumnya, jika WhatsApp Web terbuka di tab atau browser lain, pengguna harus mengalihkan WhatsApp Web ke tab atau browser yang sedang diakses. Ditambah lagi, ponsel dengan akun WA tersebut harus tetap online.

(Penulis: Bill Clinten | Editor: Yudha Pratomo)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com