Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Operator Seluler Indonesia dengan Internet Tercepat

Kompas.com - 24/10/2021, 16:02 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Speedtest telah merilis laporan mengenai 5 operator seluler di Indonesia dengan Internet tercepat.

Data dari aplikasi pengukur kecepatan internet itu didapat berdasarkan data Speedtest Intelligence sepanjang kuartal-III 2021.

Dalam uji cobanya, Speedtest menggunakan smartphone dengan teknologi jaringan terbaru untuk mengetahui kecepatan internet dari sejumlah operator seluler di Indonesia.

Peringkat kecepatan disajikan dalam bentuk Speed Score yang 90 persen pembobotannya berdasarkan kecepatan download, dan 10 persen dari kecepatan upload.

Dilansir dari laporan Speedtest melalui KOMPAS.com, berikut ini 5 operator seluler di Indonesia dengan internet tercepat:

Baca juga: Video Viral Mesin Wifi Koin Internet, Sehari Bisa Dapat Rp 100.000

1. Telkomsel menjadi operator seluler di Indonesia yang memiliki kecepatan internet paling tinggi. Hasil uji Speedtest, Telkomsel memiliki Speed Score sebesar 30,49.

2. Indosat Ooredoo menempati posisi kedua dengan Speed Score sebesar 25,68.

3. XL Axiata berada di peringkat ketiga sebagai operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia. XL Axiata memiliki Speed Score sebesar 23,93.

4. Smartfren berada di posisi keempat dengan speed score mencapai 19,03.

5. Selanjutnya, Hutchison 3 (Tri) berada di peringkat kelima dalam daftar operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia. 3 (Tri) memiliki Speed Score sebesar 15,52.

Sebelumnya, Telkomsel telah resmi terintegrasi dengan jaringan 5G sejak Mei 2021, sedangkan Indosat Ooredoo menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang resmi terhubung dengan jaringan 5G sejak bulan Juni 2021.

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang via Internet dari Rumah

Speedtest tak hanya mengukur kecepatan internet, aplikasi tersebut juga mengukur tingkat konsistensi jaringan internet yang disediakan setiap operator seluler di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Speedtest melalui KOMPAS.com, operator seluler yang memberi pelayanan terbaik juga dapat diketahui berdasarkan nilai konsistensi jaringan internet.

Speedtest menggunakan angka ambang batas kecepatan unduh minimum 5 Mbps dan kecepatan upload minimum 1 Mbps untuk mengetahui tingkat konsistensi layanan operator seluler di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (21/10/2021), berikut ini peringkat operator seluler dengan jaringan internet paling stabil di Indonesia:

Baca juga: Waspada, Prediksi Peneliti Badai Matahari Picu Kiamat Internet, Fenomena Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com