Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Warna yang Tidak Boleh Digunakan untuk Dinding Dapur

Kompas.com - 11/10/2021, 19:26 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan terpenting dalam rumah. Bukan hanya menjadi tempat memasak saja, dapur pun kerap dijadikan ruang makan dan kumpul bersama keluarga.

Oleh sebab itu, menata dapur menjadi sangat penting untuk kenyamanan semua penghuni rumah. Selain tata letak barang, warna cat dinding dapur pun perlu diperhatikan.

Ada beberapa warna yang cocok digunakan untuk cat dinding dapur, namun sebaliknya, ada pula beberapa warna yang tidak cocok untuk dapur.

Dilansir dari Homes and Gardens melalui KOMPAS.com, psikolog dan konsultan kesehatan mental, Lee Chambers membeberkan beberapa warna yang harus dihindari untuk cat dinding dapur.

"Jika menyangkut ide warna dapur, ada tiga yang berpotensi dihindari, bergantung pada cara Anda menggunakan ruang," kata Chambers.

Baca juga: 7 Langkah Menghilangkan Aroma Tak Sedap Dalam Dapur

1. Abu-abu tua

Warna pertama yang harus dihindari untuk cat dinding dapur adalah abu-abu tua. Alasannya, menurut Chambers, warna abu-abu tua dapat menimbulkan suasana yang tidak hangat dan tidak ramah.

Hal itu tentu tidak diharapkan ada di dapur rumah, sebab ruangan ini memiliki potensi yang sangat besar dalam mempertemukan seluruh anggota keluarga.

2. Cokelat

Sama seperti abu-abu tua, warna cokelat pun menjadi salah satu warna yang tidak boleh digunakan untuk cat dinding dapur.

Chambers mengatakan, warna cokelat akan membuat dapur terasa dingin dan berpotensi menciptakan suasana yang suram.

"Dengan dapur menjadi tempat di mana kita memiliki fokus pada hal-hal yang steril dan aman, warna-warna ini hampir bisa terasa sedikit kotor," ujar Chambers.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Dinding Dapur yang Berminyak

3. Kuning cerah

Kuning memang dapat menghadirkan suasana cerah dan meningkatkan kreativitas yang mungkin dibutuhkan untuk memasak saat berada di dapur.

Akan tetapi, Chambers menyarankan untuk tidak menggunakan warna kuning sebagai warna cat dinding dapur.

"Warna kuning cerah dapat meningkatkan stres, terutama saat menyiapkan makanan atau bersama orang yang menjengkelkan di ruangan tersebut," ungkapnya.

Selain itu, warna kuning cerah juga bisa membuat mata lelah, menyebabkan perasaan tidak tenang, dan frustrasi, terutama saat menghabiskan banyak waktu di dapur.

Warna yang cocok digunakan untuk cat dinding dapur

Psikolog warna dari EZ Living, Helen O'Keeffe menyarankan agar menggunakan warna hijau untuk dinding dapur.

Baca juga: 10 Bahan Dapur Ini Bantu Atasi Bentol karena Gigitan Nyamuk

Warna hijau bisa memberikan nuansa optimis dan cocok untuk semua ruangan di rumah.

Sementara itu, Martin Waller, pendiri Andrew Martin menyarankan untuk menggunakan warna halus dan netral untuk membuat dapur tampak lebih cerah, terutama saat dapur disatukan dengan ruang makan yang dicat gelap.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com