Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Dapur yang Tidak Boleh Dijadikan Pupuk Tanaman

Kompas.com - 02/10/2021, 09:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Pupuk adalah komponen penting dalam proses perawatan suatu tanaman. Ada banyak manfaat pupuk yang bisa didapatkan tanaman, termasuk menjadikannya subur, sehat, dan kuat.

Ada banyak jenis pupuk yang dijual di pasaran. Setiap jenis pupuk mengandung nutrisi yang berbeda untuk tanaman. Oleh sebab itu, sesuaikan kandungan pupuk dengan kebutuhan dan jenis tanaman.

Akan tetapi, saat ini banyak pecinta tanaman memilih untuk membuat pupuk sendiri ketimbang membeli. Selain dapat menghemat biaya perawatan, kualitas pupuk pun bisa lebih terjaga.

Bahan yang digunakan untuk membuat pupuk biasanya adalah limbah dapur, seperti kulit pisang, cangkang telur, atau ampas kopi.

Memanfaatkan limbah dapur bukan hanya dapat menyuburkan tanaman dengan biaya yang lebih sedikit, tetapi juga dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: 4 Pupuk Terbaik untuk Tanaman Anggrek

Meski begitu, dilansir dari Treehugger melalui KOMPAS.com, ada beberapa limbah dapur yang tidak bisa dijadikan pupuk atau kompos, sebab alih-alih bermanfaat untuk tanaman, pemberian pupuk dari limbah dapur yang salah justru akan berdampak buruk bagi tanaman.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (3/4/2021), berikut ini 6 bahan dapur yang tidak boleh dijadikan pupuk tanaman.

1. Produk roti

Bahan dapur pertama yang tidak boleh dijadikan pupuk untuk tanaman adalah produk roti, termasuk kue, pasta, dan sebagian besar makanan yang diolah dengan cara dipanggang.

Hindari meletakkan bahan-bahan tersebut di tanaman atau diolah menjadi kompos karena akan mengundang berbagai hama berbahaya yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara yang Tepat pada Tanaman

2. Minyak goreng

Minyak goreng juga tidak boleh diberikan kepada tanaman atau diolah menjadi pupuk. Baunya justru akan mengundang serangga. Selain itu, minyak goreng juga dapat menganggu keseimbangan kelembapan kompos.

3. Produk daging

Bahan dapur yang tidak boleh dijadikan pupuk selanjutnya adalah produk daging, termasuk tulang, darah, ikan, dan lemak hewani, karena akan mengundang hama tanaman.

4. Produk susu

Hindari membuat kompos dari susu, keju, yogurt, dan krim. Meskipun produk olahan susu telah terdegradasi, namun tetap akan menarik bagi hama.

5. Nasi

Nasi yang dimasak adalah tempat berkembang biak bagi jenis bakteri yang dapat berdampak buruk bagi tanaman. Selain itu, beras mentah juga akan menarik perhatian hama.

Baca juga: Popok Bayi Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman, Begini Caranya

6. Kenari

Kenari juga tidak boleh dijadikan pupuk untuk tanaman, karena bahan dapur ini mengandung juglone, senyawa aromatik alami yang beracun bagi beberapa jenis tanaman.

(Penulis: Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com