Imun Menurun Setelah 6 Bulan Divaksin Pfizer, Jangan Panik, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 10/10/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer ShutterstockIlustrasi vaksin Pfizer
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Saat ini ada sedikit keraguan bedasarkan sejumlah penelitian bahwa kekebalan orang mulai berkurang hanya beberapa bulan setelah mereka mendapatkan dua dosis vaksin Pfizer Covid-19.

Di satu sisi, mendapatkan dua dosis vaksin menciptakan respons imun kuat yang mengurangi risiko penyakit parah hingga lebih dari 90 persen, di sisi lain perlindungan terhadap infeksi yang lebih ringan dan tanpa gejala menurun secara bertahap.

Itulah sebabnya Pfizer telah meminta dan menerima izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk menambahkan booster vaksin atau vaksin ketiga bagi mereka yang sudah enam bulan menerima vaksinasi dua dosis.

Tetapi haruskah orang juga mencari booster vaksin? Berapa banyak orang yang harus khawatir?

“Saya pikir kemungkinan memang kekebalan perlahan akan berkurang seiring waktu, tetapi itu bukan alasan bagi orang untuk panik,” kata Dr Ann Falsey, spesialis penyakit pernapasan virus di Fakultas Kedokteran Universitas Rochester.

"Ini tidak seperti tiba-tiba suatu hari Anda benar-benar rentan, seperti sebelum Anda divaksinasi," tambah Falsey, yang membantu memimpin uji klinis vaksin Covid-19.

"Vaksin-vaksin itu bertahan cukup baik (Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson) untuk penyakit parah," kata Falsey dilansir CNN.

"Sekarang, itu tidak berarti bahwa pada akhirnya kita mungkin tidak sampai pada titik di mana kita benar-benar membutuhkan orang untuk mendapatkan booster untuk mencegah penyakit yang lebih parah. Tapi, sebenarnya, sebagian besar infeksi terobosan adalah pilek, mungkin penyakit seperti flu --bukan penyakit menakutkan yang kita hadapi sebelumnya. Jadi pesan utama saya adalah, jangan panik. Anda akan baik-baik saja."

Baca juga: 2 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba, Pemerintah Langsung Distribusikan ke 12 Provinsi

Namun saran tersebut tidak menghentikan orang Amerika berbondong-bondong untuk mendapatkan penambah imbun.

Dua studi soal vaksin Pfizer

Minggu ini, dua penelitian lagi menambah bukti yang berkembang bahwa kekebalan dari vaksin Pfizer menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber CNN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.