Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Lain Kepopuleran Squid Game: Bikin Netflix Digugat hingga Nomor HP yang Bocor

Kompas.com - 03/10/2021, 17:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Serial asal Korea Selatan, Squid Game, tengah mencapai popularitas tertinggi. Tidak hanya di negeri asalnya, Squid Game, juga sangat digemari secara global.

Ini terbukti dengan keberhasilannya menduduki trending 1 di 83 negara yang menyediakan layanan streaming Netflix. Squid Game tayang perdana di Netflix pada 17 September 2021.

Tayang sebanyak 9 episode, Squid Game bercerita tentang sekelompok orang yang mengikuti permainan berbahaya dengan imbalan hadiah hingga puluhan miliar won.

Mereka dikumpulkan dalam satu tempat dan saling bersaing satu sama lain untuk memenangkan hadiah utama puluhan miliar won tersebut.

Baca juga: Co-CEO Netflix Sebut Squid Game Tayangan Paling Sukses, Ini Alasannya

Mengutip berita Kompas.com, Sabtu (2/10/2021), kepopuleran Squid Game juga diakui Co-chief executive officer (Co-CEO) Netflix Ted Sarandos, yang menyebut bahwa serial Squid game menjadi tayangan non-bahasa Inggris terbesar di dunia yang pernah ada.

"Squid Game pasti akan menjadi pertunjukan non-bahasa Inggris terbesar kami di dunia, pasti. Itu sudah tayang selama 9 hari, ada kemungkinan akan menjadi tayangan terbesar kami yang pernah ada," kata Sarandos.

Tak hanya soal popularitasnya, Squid Game juga memunculkan banyak kejadian menarik di luar isi ceritanya.

Mulai dari bocornya nomor ponsel yang menyebabkan pemiliknya dibanjiri panggilan hingga Netflix digugat miliaran rupiah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sisi lain yang muncul karena kepopuleran Squid Game:

1. Netflix digugat oleh SK Broadband

Dampak kepopuleran Squid game adalah lonjakan penggunaan internet di Korea Selatan. Hal ini membuat perusahaan penyedia layanan internet di Korea, SK Broadband menggugat Netflix.

SK Broadband menggugat Netflix karena peningkatan trafik internet dan biaya pemeliharaan jaringan karena banyaknya yang menonton acara di platform streaming tersebut.

SK Broadband mengungkapkan bahwa trafik Netflix telah meningkat lebih dari 24 kali lipat karena popularitas Squid Game dan D.P (serial Korea Selatan yang juga tayang di Netflix).

Dikutip dari berita Kompas.com Minggu (3/10/2021), SK Broadband memperkirakan bahwa Netflix berutang kepada mereka 22,9 juta dollar AS atau Rp 325 miliar pada tahun 2020 saja.

Baca juga: Selain Squid Game, Ini 5 Serial Bertema Survival yang Tak Kalah Seru

2. Pemilik nomor HP di Squid Game dibanjiri panggilan

Salah satu adegan dalam Squid game menampilkan nomor ponsel pada sebuah kartu nama. Kartu nama tersebut yang digunakan oleh para karakter di Squid game untuk bisa bergabung dalam permainan.

Uniknya, nomor tersebut ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Adalah seorang pria asal Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan yang menggunakannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com