Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Netizen Marah Saat Lesty dan Rizky Billar Menikah Siri

Kompas.com - 02/10/2021, 12:28 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

 

KOMPAS.com - Lesti Kejora dan Rizky Billar beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa telah menikah siri sebelum rangkaian akad nikah yang disiarkan melalui televisi, namun para netizen menganggap mereka berbohong kepada publik.

Kedua sejoli yang akrab disapa Leslar ini mengumumkan bahwa telah menikah siri pada Januari 2021 lalu.

Namun rangkaian akad nikah secara sah baru disiarkan di televisi pada 19 Agustus 2021.

Sikap Leslar tersebut akhirnya menimbulkan kemarahan netizen, sebagian lain bingung mengapa hingga timbulnya kebingungan dan pro kontra.

Pernikahan sebenarnya adalah hak individu dan masalah pribadi seseorang. Namun, mengapa netizen marah pada Lesti dan Rizky Billar karena mereka menikah siri?

Alasan netizen marah soal Lesti dan Rizky Billar nikah siri

Menurut Pakar Media dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nina Widyawati, sebelum mencari tahu mengapa netizen marah kepada Leslar, ia mengajak agar mengetahui alasan Lesti Kejora menjadi idola banyak orang.

Alasannya berkaitan dengan dongeng pada zaman dulu, dimana si miskin menjadi kaya selalu disukai pembaca yang berangan-angan bisa seperti tokoh tersebut.

Bahkan jika kisah itu menjadi nyata atau success story, orang makin tertarik karena ingin mengambil pelajaran dari cerita mereka.

Baca juga: Kenapa Netizen Marah soal Leslar Menikah Siri? Ahli Media LIPI Jelaskan

Oleh karena itu, tidak heran jika perjalanan Lesti yang dulunya pernah bekerja sebagai asisten rumah tangga, kemudian menjadi artis menarik perhatian publik.

"Dalam perjalanan hidupnya Lesti Kejora dipersunting oleh laki-laki tampan yang merupakan penyanyi dan artis peran, lengkap sudah kehidupannya," ujar Nina.

"Kehidupan yang tadinya ada di negeri dongeng, yang ternyata ada di kehidupan nyata, dikomodifikasi oleh industri penyiaran menjadi komoditas yang bernilai ekonomi," imbuhnya.

Oleh karena itu, televisi menayangkan acara pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar secara lengkap dan memnbuat penonton merasa puas serta luar biasa.

Sayangnya, setelah sukses menayangkan prosesi pernikahan mereka. Para penonton harus dikecewakan karena Lesti diisukan hamil duluan.

Sehingga muncullah klarifikasi dari Leslar yang mengatakan bahwa mereka sudah menikah siri duluan. Ini yang menjadi buntut panjang para penggemar marah dan merasa dikhianati.

Publik awalnya memiliki trust atau kepercayaan kepada tokoh itu, berharap mereka menjadi panutan atau tauladan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com