Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Madu untuk Wajah yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Ampuh Atasi Jerawat

Kompas.com - 21/04/2024, 15:30 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Madu merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya memiliki beragam khasiat.

Dikutip dari laman Yankes Kementerian Kesehatan, madu memiliki sejumlah khasiat, di antaranya menghasilkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan stamina.

Selain itu, madu juga dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah seperti menyembuhkan jerawat. 

Baca juga: Studi Ungkap Madu Mentah Dapat Turunkan Gula Darah dan Kolesterol


Madu untuk menyembuhkan jerawat

Sebuah makalah penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa madu memiliki beberapa potensi manfaat kesehatan dan perawatan kulit, termasuk efek antimikroba dan sifat penyembuhan luka.

Sifat-sifat ini menjadikan madu sebagai terapi alternatif bagi orang-orang yang menderita kondisi kulit tertentu, seperti jerawat, psoriasis, atau eksim, dikutip dari Medical News Today.

Selain itu, dalam sebuah studi pada 2016, para peneliti menemukan bahwa madu dari seluruh dunia memberikan aktivitas antimikroba. Sifat ini menjadikan madu sebagai sumber pengobatan yang efektif untuk kondisi kulit seperti jerawat.

Lalu penelitian lain pada 2016, peneliti menemukan bahwa penggunaan madu manuka tingkat medis yang dikombinasikan dengan 10 persen gliserin lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan sabun antibakteri untuk mengobati jerawat.

Kandungan Madu

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, madu mengandung sejumlah senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram madu mengandung senyawa sebagai berikut:

  • Air: 20 gram.
  • Protein: 0,3 gram.
  • Vitamin C: 4 miligram.
  • Vitamin B2 (riboflavin): 0,04 miligram.
  • Vitamin B3 (niasin): 0,1 miligram.

Selain itu, madu juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, antimikroba, dan antijamur sehingga dapat membantu merawat hingga mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Manfaat Madu untuk kulit wajah

Dikutip dari RS Siloam, berikut ini sejumlah manfaat masker madu untuk kulit wajah yang bisa diperoleh, mulai dari membantu mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, hingga mengurangi risiko kanker kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat masker madu yang pertama adalah dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini dikarenakan madu diperkaya dengan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya sehingga mampu menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu tanda-tanda penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat masker madu ini, pilihlah madu yang memiliki warna gelap karena mengandung lebih banyak mineral dan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas secara optimal.

2. Mencerahkan kulit wajah

Masker madu yang digunakan secara rutin diketahui dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih bersinar.

Sebab masker madu mengandung kadar vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu proses regenerasi sel kulit.

Selain itu, masker madu juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi wajah sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

3. Mengatasi jerawat

Masker madu mengandung enzim glucose oxidase yang bersifat antibakteri serta asam fenolat dan flavonoid yang bersifat antiinflamasi sehingga kerap digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Selain itu, penggunaan masker madu secara rutin juga dapat mengatasi produksi minyak atau sebum berlebih yang bisa memicu penyumbatan pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

4. Melembapkan kulit

Manfaat masker madu untuk kulit wajah selanjutnya adalah mampu menjaga dan mengoptimalkan kelembapan alami kulit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Molecules pada tahun 2020, madu mengandung gliserin yang berperan sebagai humektan, yaitu senyawa yang berfungsi untuk menarik air dari lingkungan dan mengumpulkannya pada lapisan kulit terluar.

5. Menurunkan risiko kanker kulit

Salah satu khasiat masker madu yang tak kalah penting adalah dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

Sebab, madu mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas, seperti dari sinar UV dan asap kendaraan bermotor.

Selain itu, efek antiinflamasi pada madu juga berfungsi untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh yang turut memengaruhi perkembangan sel kanker.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com