Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umum Ditemukan pada Ponsel Pintar, Apa Itu NFC? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 11/03/2024, 15:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah atau sering menggunakan kartu debit/kredit dan e-money untuk melakukan pembayaran belanja maupun saat naik transportasi.

Atau, sering menggunakan ponsel pintar Anda sebagai alat untuk melakukan pembayaran digital dan top up kartu e-money dengan hanya menempelkannya pada kartu.

Teknologi yang digunakan untuk memungkinkan Anda melakukan semua aktivitas tersebut diatas adalah NFC.

Baca juga: Cerita Unik di Balik Asal-usul Nama Bluetooth


Lantas, apa itu NFC dan apa saja fungsinya?

Apa itu NFC?

Dilansir dari laman GSM Arena, near field communication (NFC) adalah teknologi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan pertukaran data antar perangkat dalam jarak dekat.

NFC merupakan peningkatan dari standar kartu proximity (RFID) yang menggabungkan antarmuka smartcard dan reader ke dalam satu perangkat.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten antar perangkat digital dengan lancar atau membayar secara nirkabel hanya dengan menempelkan dua perangkat yang memiliki NFC.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja WiFi?

Keuntungan signifikan NFC dibandingkan Bluetooth adalah waktu pengaturan yang lebih singkat. Koneksi antara dua perangkat NFC dibuat sekaligus kurang dari 1/10 detik.

Selain itu, karena jangkauannya yang lebih pendek, NFC memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan Bluetooth.

Teknologi NFC bahkan dapat berfungsi ketika salah satu perangkat tidak memiliki daya baterai, misalnya pada kartu kredit pintar contactless.

Baca juga: Cara Kerja Quick Count dalam Memberikan Hasil Hitung Cepat Pemilu

Fungsi teknologi NFC

Fungsi dan cara kerja teknologi NFC.Unsplash/Jonas Leupe Fungsi dan cara kerja teknologi NFC.

Penggunaan teknologi NFC telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di perangkat ponsel.

Dikutip dari laman Android Authority, berikut adalah beberapa fungsi NFC dalam penggunaan teknologi yang populer:

  • Transfer data: NFC memungkinkan Anda mentransfer konten atau data apa pun dengan hanyalah menyentuh bagian belakang kedua perangkat yang memiliki fitur tersebut.
  • Pembayaran: Sebagian besar kartu debit dan kredit saat ini sudah memiliki tag NFC bawaan. Sejumlah ponsel pintar juga telah menggunakan chip NFC ponsel cerdas untuk pembayaran nirsentuh.
  • Pemasangan cepat: Kenyamanan NFC meluas ke perangkat elektronik lainnya, seperti speaker dan headphone nirkabel untuk terhubung dengan ponsel, serta beberapa kamera untuk memudahkan transfer foto dan video.
  • Permainan: Nintendo menggunakan teknologi NFC untuk menghubungkan mainan fisik dengan video game.
  • Otomatisasi perangkat teknologi rumah: Beberapa platform smart home juga mendukung teknologi NFC. Dengan menggunakan aplikasi di Android dan iOS, Anda dapat mengonfigurasi tag NFC untuk mengontrol perangkat atau otomatisasi.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Headphone, Headset, dan Earphone?

NFC bukanlah satu-satunya protokol komunikasi nirkabel. Faktanya, sebagian besar perangkat sudah menyertakan teknologi serupa seperti Bluetooth dan ultra-wide band (UWB).

Namun, keefektifitasan NFC membuat teknologi ini menjadi semakin populer digunakan di banyak perangkat elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com