Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Koin, Penerbangan China Ditunda hingga Empat Jam

Kompas.com - 08/03/2024, 15:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai China Southern Airlines terpaksa menunda salah satu penerbangannya lebih dari empat jam setelah seorang penumpang melemparkan koin ke dalam mesin pesawat.

Diberitakan CNN Travel, penumpang tersebut melemparkan koin ke mesin pesawat saat akan terbang pada Rabu (6/3/2024) pagi.

Penerbangan pun ditunda lebih dari empat jam usai awak pesawat mengetahui tindakan tersebut.

Aksi ini ternyata termasuk sering dilakukan penumpang pesawat di China. Padahal, melempar koin ke mesin pesawat sangat berisiko bagi keamanan penerbangan.

Baca juga: 10 Tahun Hilang, Kenapa Malaysia Airlines MH370 Sulit Ditemukan?


Penumpang lempar koin ke pesawat

Seorang penumpang yang tidak disebutkan namanya diketahui melemparkan koin ke dalam mesin pesawat maskapai China Southern Airlines CZ8805 pada Rabu (6/3/2024).

Pesawat tersebut dijadwalkan lepas landas dari Kota Sanya ke Beijing sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Namun, pesawat baru berangkat sekitar pukul 14.16 waktu setempat karena insiden tersebut.

Lewat video yang dibagikan media pemerintah China, seorang pramugari terlihat menanyai seorang penumpang yang diyakini melemparkan koin ke mesin pesawat.

Pramugari menanyakan jumlah koin yang dilemparkan ke mesin. Penumpang tersebut mengaku dirinya melempar tiga sampai lima koin.

Penumpang tersebut kemudian dibawa pergi oleh polisi bandara. Sementara maskapai segera melakukan pemeriksaan terhadap pesawat itu. Maskapai mengaku menemukan koin-koin di dekat mesin tapi tidak menyebutkan jumlah pastinya.

“Staf pemeliharaan pesawat melakukan inspeksi keselamatan komprehensif dan memastikan bahwa tidak ada masalah keselamatan sebelum lepas landas,” kata layanan pelanggan maskapai China Southern Airlines.

Atas kejadian ini, maskapai lalu mengeluarkan peringatan terhadap “perilaku tidak beradab” lewat akun media sosial resminya.

China Southern Airlines mengumumkan tindakan melempar koin ke mesin pesawat merupakan ancaman terhadap keselamatan penerbangan dan akan mengakibatkan hukuman bagi pelakunya.

Kejadian ini bukan kali pertama terjadi. Pada Oktober 2023, penerbangan China Southern Airlines di Guangzhou juga tertunda setelah penumpang melemparkan koin ke arah pesawat.

Pada 2021, penerbangan maskapai GX Airlines antara Weifang dan Haikou dibatalkan ketika petugas menemukan beberapa koin terbungkus kertas merah di tanah.

Pada 2017, penumpang lanjut usia melemparkan koin ke pesawat China Southern Airlines saat menaiki pesawat di Bandara Internasional Pudong Shanghai.

Baca juga: Belatung Berjatuhan dari Kabin, Pesawat Delta Air Lines di Belanda Putar Balik ke Bandara

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com