Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi dengan Tambahan Gula Setiap Hari?

Kompas.com - 03/03/2024, 06:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum secangkir kopi setiap hari menjadi salah satu rutinitas yang banyak dilakukan orang-orang, terutama untuk mereka yang sedang beraktivitas.

Pasalnya, kopi dapat memberikan manfaat yang mendukung kesehatan, seperti meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, dan konsentrasi untuk bekerja, belajar, ataupun berolahraga.

Beberapa orang mungkin lebih menyukai secangkir kopi pahit mereka, namun beberapa lainnya justru menyukai kopi dengan cita rasa yang sedikit manis ataupun creamy.

Sehingga, tak jarang mereka menambahkan pamanis, krimer, atau gula ke dalam minuman pahit tersebut.

Minum kopi yang diberi tambahan gula, krimer, susu, dan bahan pemanis lainnya disebut kurang sehat lantaran dapat menambah jumlah kalori dalam kopi.

Selain itu, terlalu banyak minum kopi yang ditambah gula juga dapat menyebabkan beberapa kondisi atau masalah kesehatan.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh saat minum kopi dengan tambahan gula setiap hari?

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Hitam Setiap Hari?

Efek minum kopi dengan tambahan gula setiap hari

Apa yang terjadi pada tubuh jika minum kopi dengan tambahan gula setiap hari?Freepik Apa yang terjadi pada tubuh jika minum kopi dengan tambahan gula setiap hari?
1. Memperpanjang umur

Dikutip dari USA Today (31/5/2022), penelitian baru memperkuat temuan sebelumnya terkait kebiasaan minum kopi setiap hari yang dikaitkan dengan umur panjang, terlepas apakah seseorang menambahkan sedikit gula atau tidak dalam secangkir kopinya.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi, peserta yang rutin minum kopi tanpa pemanis memiliki kemungkinan meninggal 16-21 persen lebih kecil untuk periode tindak lanjut tujuh tahun, menurut sebuah studi baru dalam Annals of Internal Medicine edisi 31 Mei 2022.

Selain itu, para peneliti mengatakan, peserta yang menambahkan gula dan minum 1 setengah hingga 3 setengah cangkir kopi manis setiap hari memiliki kemungkinan 29-31 persen lebih kecil untuk meninggal dunia.

Peminum kopi manis di antara 171.616 peserta di Inggris dalam penelitian ini rata-rata hanya menambahkan satu sendok teh gula, kata para peneliti.

Selain itu, para peneliti juga memperhitungkan faktor demografi dan gaya hidup lainnya dari para peserta.

"Konsumsi  kopi tanpa pemanis dalam jumlah sedang dan kopi dengan pemanis gula dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang serupa dari penyebab apa pun, serta penyakit jantung dan kanker," tulis mereka.

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi

2. Meningkatkan kadar gula darah

Meskipun tidak masalah bila menambahkan sedikit gula ke dalam kopi, namun bila kopi tersebut dikonsumsi secara berlebihan setiap hari, maka ini dapat berdampak sebaliknya.

Dilansir dari Live Science, efek dari kombinasi gula dan kafein sangat buruk bagi tubuh. Sebab, saat dikonsumsi berlebihan, kadar glukosa darah melonjak dan tak lama kemudian menurun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com