Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kelompok Orang yang Tidak Boleh Makan Daging Merah Berlebihan, Siapa Saja?

Kompas.com - 26/02/2024, 12:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging merah seperti daging sapi, kambing, atau domba memiliki sejumlah kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dinukil dari MedicalNewsToday, kandungan daging merah yang berguna untuk tubuh di antaranya protein, lemak, zat besi, kalium, zinc, dan vitamin B12. 

Sayangnya, sumber protein ini tinggi kalori dan lemak, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan bagi sebagian orang. 

Lantas, siapa saja yang tidak boleh makan daging merah secara berlebihan? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 5 Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes, Apa Saja?

Baca juga: 9 Kelompok Orang yang Tidak Boleh Mengonsumsi Cokelat, Siapa Saja?

8 kelompok orang yang tidak boleh makan daging merah berlebihan

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut setidaknya delapan kelompok orang yang sebaiknya membatasi atau tidak makan daging merah secara berlebihan:

1. Penderita penyakit jantung

Dikutip dari EatThis (27/9/2022), penderita penyakit jantung sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi daging merah.

Ahli gizi Roxana Ehsani mengatakan, penderita jantung kemungkinan sudah memiliki plak yang menumpuk di pembuluh darah. Konsumsi daging merah dikhawatirkan semakin memperbanyak penumpukan plak tersebut.

“Penumpukan plak ini, jika (pembuluh darah) semakin menyempit, dapat menyebabkan kejadian fatal atau hampir fatal seperti stroke atau serangan jantung,” kata Ehsani.

2. Penderita kolesterol tinggi

Orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan berupa kolesterol tinggi sebaiknya membatasi konsumsi daging merah, menurut Ehsani.

Pasalnya, daging merah mengandung lemak jenuh cukup tinggi yang kemudian memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Penderita hipertensi

Ehsani mengungkapkan, daging merah juga dapat memicu peningkatan tekanan darah, sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan oleh penderita hipertensi.

Sebab, daging merah secara umum memiliki kandungan lemak jenuh cukup tinggi, yang bisa menyebabkan terjadinya lonjakan tekanan darah.

4. Penderita diabetes

Penderita diabetes, tutur Ehsani, sebaiknya tidak mengonsumsi daging merah berlebihan dan mencari alternatif penggantinya, seperti ayam, ikan, atau telur.

Kandungan lemak jenuh cukup tinggi di dalam daging merah tersebut dapat menyebabkan menurunnya produksi insulin, sehingga tidak mampu memproses gula yang masuk ke tubuh dengan baik.

Baca juga: Kelompok Orang yang Tidak Boleh Minum Susu Sapi, Siapa Saja?

5. Pemilik riwayat keluarga menderita kanker tertentu

Sebuah studi menunjukkan, konsumsi daging merah, terutama produk olahannya seperti sosis, bakso, kornet dll. berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com