Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Polres Cilacap soal Intel Disebut Menyamar Tukang Parkir

Kompas.com - 08/02/2024, 05:45 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video dengan narasi seorang tukang parkir yang diduga sebagai intel atau polisi reserse yang sedang menyamar, viral di media sosial. 

Dalam video yang diunggah akun Instagram @f3rl_een pada Minggu (28/1/2024), tampak dalam video, seorang tukang parkir sedang memarkirkan kendaraan patroli pengawalan (patwal) polisi. 

“Diam menjadi kang parkir, sekali bergerak hap kamu ditangkap,” tulis keterangan unggahan video. 

"Iki yo lur, podo ora percoyo lur. Kae lho sing neng njero mobil polisi kae, bapak-bapak sing sok parkir nang ngarep Indomaret kidul Wirobrajan, serse kuwi jelas. Intel kae nek ora percoyo kae delok kae. Ati-ati lur (Ini ya kalau tidak percaya. Itu yang di dalam mobil polisi itu, bapak-bapak yang suka parkir di depan Indomaret selatan Wirobrajan, reserse jelas. Intel itu kalau enggak percaya. Hati-hati)," ujar narasi seseorang dalam video tersebut. 

Hingga Rabu (7/2/2024), video tersebut sudah diputar lebih dari satu juta, disukai lebih dari 34.000 dan dikomentari 800 orang. 

Baca juga: Cerita WNI di Jepang Harus Ambil Uang 1 Yen yang Tertinggal di Bank, Biaya Parkir 300 Yen

Respons warganet

Dari video tersebut, diduga lokasi kejadian berada di dekat lampu merah di sekitar Terminal Bus Cilacap, Jawa Tengah.

Sejumlah warganet memberikan komentar terkait video tukang parkir yang ramai disebut intel sedang menyamar tersebut. 

"Kudune wong sg midio sg nyebar luaske ditangkap, bpk2 kepolisian nyamar dadi Intel gae ngamanke Negoro mlh dibuka (Harusnya orang yang memvideo dan menyebarluaskan ditangkap. Polisi yang menyamar jadi intel untuk mengamankan negara malah dibuka)," ujar salah satu komentar warganet. 

"Itu di cilacap, emang dia tukang parkir. Dia sering di minta bantuan buat parkir mobil, atau nyuci mobil polisi. Aku hidup deket situ udah 10 tahun lebih. Biasanya dia parkirin di inge butik, selecta, langgeng sama sari manis," balas warganet lainnya. 

"Sepertinya kita sekarang butuh UU pelanggaran hak privasi, terkhusus Pelanggaran ITE. Gue semakin miris ranah privasi seseorang, sengaja disebar luaskan oleh orang lain demi viral dan konten tanpa persetujuan pihak tersebut," komentar warganet lainya. 

"Tangkap orang yg bikin vidio ini dan menyebarkannya!!!," ujar lainnya. 

Lantas, benarkah tukang parkir seperti dalam video tersebut adalah intel yang sedang menyamar? 

Baca juga: Video TNI Gendong Siswa SD Melewati Jembatan Hampir Ambruk di Cilacap


Baca juga: Bahaya Tendangan di Perut dan Kepala seperti Dialami Korban Bullying Cilacap

Penjelasan Polres Cilacap

Terkait video tersebut, Kasatlantas Polresta Cilacap Kompol N. Farmadi mengonfirmasi jika video itu diambil di sekitar Terminal Bus Cilacap, Jawa Tengah.

Meskipun unggahan tersebut diunggah pada Minggu (28/1/2024), namun menurut Farmadi video tersebut sudah diambil dalam waktu yang cukup lama.

“Video tersebut sudah diambil sejak kurang lebih satu tahun yang lalu,” ungkap Farmadi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/2/2024).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com