Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Alasan Ahok Mengundurkan Diri dari Komut Pertamina

Kompas.com - 02/02/2024, 21:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero), Jumat (2/2/2024).

Mundurnya Ahok dari jabatan tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

"Benar, Bapak Basuki Tjahaja Purnama mengajukan pengunduran diri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) per hari ini 2 Februari 2024. Suratnya diajukan ke Kementerian BUMN," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Menegaskan Dukungan ke Ganjar, Ahok Mundur dari Jabatan Komisaris Utama Pertamina


Alasan Ahok mengundurkan diri dari Komut Pertamina

Dalam unggahannya di media sosial X @basuki_btp, Ahok menyatakan dukungannya untuk Ganjar-Mahfud sebagai calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres).

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," tambahnya.

Pernyataan pengunduran diri Ahok menjadi pengumuman resmi mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk menghilangkan kebingungan atau misinformasi di kalangan Ahokers terkait berita-berita hoaks yang beredar mengenai arah politiknya pada Pilpres 2024.

"Intinya agar para Ahokers tidak bingung arah politik saya kemana. Dengan ikut kampanye dukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud, semua isu hoax bahwa saya dukung pasangan lain langsung stop," kata Ahok, berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat.

Adapun surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Dewan Komisaris Pertamina dan Menteri BUMN tercatat pada Kamis (1/2/2024).

Ahok mengungkapkan, sebenarnya niat mengundurkan diri dari jabatan Komut Pertamina sudah sejak lama dipikirkannya.

Akan tetapi mengingat beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka niat tersebut baru dapat dilakukan sekarang.

Tugas yang harus diselesaikan Ahok, antara lain terkait hal-hal yang harus dikoordinasikan seiring pergantian dewan direksi dan komisaris Pertamina yang dilakukan Menteri BUMN pada akhir Juli 2023.

"Saya rasa waktu untuk koordinasi terkait pergantian dewan direksi dan komisaris Pertamina sudah cukup, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk saya mengundurkan diri," tutur Ahok.

Selain itu, Ahok juga mengungkapkan akan ikut berkampanye untuk pasangan Ganjar-Mahfud pada Hajatan Rakyat Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Baca juga: Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina, Stafsus Erick Thohir: Belum Sampai Suratnya

TPN: Ingin ikut aktif dalam kampanye Ganjar-Mahfud

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim juga telah membenarkan terkait surat pengunduran diri yang dibuat oleh Ahok tersebut.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com