Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Pesawat Buka Pintu Darurat dan Berdiri di Sayap, Aksinya Justru Dibela

Kompas.com - 28/01/2024, 11:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pria dilaporkan membuka pintu darurat pesawat dan berjalan di sayap saat pesawat menunggu lepas landas di Bandara Internasional Mexico City, Meksiko, Kamis (25/1/2024).

Meski penumpang tampak berkelakuan buruk, tetapi penumpang lain justru tak segan untuk membelanya.

Bandara Internasional Mexico City dalam pernyataan pada Jumat (26/1/2024) membenarkan, penumpang pria dalam penerbangan menuju Guatemala telah membuka pintu darurat saat pesawat dalam posisi diam.

Pria tersebut kemudian keluar dan berdiri di atas sayap, dan masuk kembali ke kabin tanpa mengganggu pesawat atau orang lain.

"Sejalan dengan peraturan keamanan internasional, orang ini menyerahkan dirinya kepada pihak berwenang," ujar pihak bandara, dikutip dari ABC News, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga: Penumpang Pesawat Bangun di Negara yang Salah Saat Inggris dan Irlandia Diterjang Badai Isha


Penumpang lain justru membela

Namun terkait aksi pria tersebut, puluhan penumpang lain, sekitar 77 orang dalam pesawat AeroMexico yang menuju Guatemala itu membela aksi pria yang dianggap berperilaku buruk.

Melalui pernyataan tertulis yang ditandatangani, mereka menyebutkan maskapai penerbangan membuat penumpang menunggu selama empat jam tanpa ventilasi dan air minum.

Berdasarkan foto-foto pernyataan yang diunggah di media sosial, para penumpang mengaku tindakan pria tersebut untuk melindungi semua orang, dengan dukungan dari semua orang.

"Keterlambatan dan kekurangan udara menciptakan kondisi yang membahayakan kesehatan penumpang. Dia menyelamatkan hidup kami," tulis pernyataan itu.

Diberitakan NBC Los Angeles, Sabtu (27/1/2024), sebuah laporan insiden yang diajukan ke otoritas bandara sebagian besar membenarkan pengakuan penumpang tersebut.

"Sekitar pukul 11.37, sebuah maskapai penerbangan Meksiko melaporkan awal mula gangguan akibat ketidakpuasan penumpang pada penerbangan AM672," tulis laporan.

Baca juga: Pintu Macet, Penumpang Pesawat Terkunci di Toilet hingga Mendarat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com