Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Frederik X, Raja Baru Denmark Pengganti Ratu Margrethe II

Kompas.com - 15/01/2024, 10:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Frederik X resmi menjadi Raja Denmark menggantikan sang ibu, Ratu Margrethe II pada Minggu (14/1/2024).

Frederik X menggantikan Ratu Margrethe II yang telah berkuasa selama 52 tahun sebagai pemimpin terlama Denmark sekaligus Eropa setelah Ratu Elizabeth II dari Inggris.

“Harapan saya adalah menjadi raja pemersatu di masa depan. Ini adalah tugas yang telah saya dekati sepanjang hidup saya. Ini adalah tugas yang saya jalani dengan bangga, hormat, dan gembira," kata Frederik dalam pidato pertamanya sebagai raja, dikutip dari The Guardian.

Denmark tidak mengadakan upacara penobatan untuk raja. Suksesi secara resmi dilakukan di Istana Christiansborg, Copenhagen yang ditandai dengan penandatanganan deklarasi pengunduran diri Ratu Margrethe II.

Lalu, siapa itu Raja Frederik X yang kini memimpin takhta tertinggi di Denmark?

Baca juga: Frederik X Jadi Raja Baru Denmark, Resmi Gantikan Ratu Margrethe II


Profil Frederik X

Dikutip dari situs resmi kerajaan, Raja Frederik X lahir dengan nama Frederik Andre Henrik Christian pada 26 Mei 1968.

Dia merupakan anak sulung dari Ratu Margrethe II dan Pangeran Henrik (meninggal pada 2018). Adiknya, Pangeran Joachim lahir pada 1969.

Frederik bertemu dengan Mary Elizabeth Donaldson, seorang anak imigran asal Skotlandia di Olimpiade Sydney 2000. Keduanya lalu menikah pada 14 Mei 2004.

Mereka memiliki empat orang anak, yakni Christian Valdemar Henri Jean (19), Isabella Henrietta Ingrid Margrethe (17), dan si kembar Vincent Frederik Minik Alexander dan Josephine Sophia Ivalo Mathilda (13).

Semasa muda, Frederik menempuh studi bidang ilmu politik di Universitas Harvard hingga 1993. Dia melanjutkan kuliah bidang yang sama di Universitas Aarhus dan lulus pada 1995. 

Baca juga: Hans, Pulau Kecil yang Diperebutkan Kanada dan Denmark lewat Perang Whisky

Ketika masih berstatus putra mahkota, Frederik mewakili Denmark di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Kedutaan Besar Denmark di Paris.

Dia juga aktif di bidang militer bersama tentara Denmark. Pangkat terakhirnya adalah panglima angkatan laut, serta kolonel angkatan darat dan udara.

Setelah diangkat menjadi raja, Frederik akan memimpin sebagai kepala negara di Denmark, Greenland, dan Kepulauan Faroe.

Sementara putranya, Christian akan mengambil alih gelar putra mahkota sebagai pewaris takhta Raja Frederik X, dikutip dari Euronews.

Istrinya, Mary akan menjadi ratu Denmark. Perempuan yang lahir di Tasmania ini menjadi ratu kelahiran Australia pertama di Denmark.

Baca juga: Urutan Penerus Takhta Kerajaan Inggris Usai Ratu Elizabeth II Wafat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com