Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2023: Panggung Politik Putra Jokowi

Kompas.com - 01/01/2024, 12:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2023 menyajikan sejumlah kejutan politik dalam negeri. Ini terjadi seiring ditabuhnya genderang "perang" menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Salah satu kejutan yang menyita banyak perhatian publik sepanjang 2023 adalah perjalanan politik dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Diketahui, Gibran yang baru dua tahun menjabat sebagai Wali Kota Solo, kini telah menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang digandeng oleh Prabowo Subianto.

Pencalonan Gibran pun tak lepas dari polemik dan sorotan.

Sementara itu, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep secara mengejutkan terjun ke dunia politik dan langsung menjadi ketua umum salah satu partai.

Berikut kaleidoskop 2023, panggung politik putra Jokowi...

Baca juga: Jawaban Jokowi, Kaesang, dan Prabowo soal Isu Dinasti Politik

Kaesang yang kini jadi ketum partai

Kaesang yang belum lama ini melepas masa lajangnya, tiba-tiba mengejutkan publik usai memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Padahal, Kaesang sebelumnya sempat menyatakan ketidaktertarikannya untuk berpolitik dan lebih menggeluti dunia bisnis.

Sejumlah bisnis yang telah dirintasnya mulai dari Sang Pisang, Mangkok Ku, Ternak Kopi, Kemripik, Madhang.id, dan sebagainya.

Sinyal ketertarikan Kaesang dengan dunia politik mulai terlihat ketika dia membuat channel Youtube Podcast Depan Pintu (PDP) yang kerap mengundang tokoh-tokoh politik.

Pada Juni lalu, foto Kaesang bahkan terpampang dalam sebuah baliho di Kota Depok, Jawa Barat dengan bertuliskan "PSI Menang, Walikota Kaesang".

Pemasangan baliho ini pun kemudian direspons oleh sejumlah partai politik yang mengutarakan minatnya untuk menggaet Kaesang, termasuk PDI-P dan Partai Gerindra.

Baca juga: 9 Ketum Parpol Termuda Sepanjang Sejarah Indonesia, No 1 Bukan Kaesang

Pada 23 September 2023, teka-teki kendaraan politik Kaesang akhirnya terjawab usai mendaftar menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Bergabungnya Kaesang ke PSI ini pun sempat mendapat sorotan, lantaran berbeda dari keluarganya yang menjadi kader PDI-P.

Tak butuh waktu lama, Kaesang langsung diangkat menjadi Ketua Umum (Ketum) PSI dua hari setelah mendaftar, tepatnya pada 25 September 2023.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com