Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kriteria "Eligible" untuk Daftar SNBP 2024 dan Aturan Pemilihan Prodi

Kompas.com - 28/12/2023, 20:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah seleksi mahasiswa baru yang didasarkan pada nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri (PTN).

Berdasarkan jadwal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, pengumuman kuota sekolah untuk SNBP dilakukan hari ini, Kamis (28/12/2023), sedangkan masa pendaftaran akan berlangsung pada 14-26 Februari 2024.

Untuk mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru ini, para siswa SMA, SMK, atau sederajat perlu mengetahui kategori siswa eligible yang mendaftarkan diri pada SNBP 2024.

Selain itu, para siswa juga perlu mengetahui aturan pemilihan program studi (prodi) kuliah di pendaftaran SNBP 2024.

Lantas, apa saja syarat dan ketentuan siswa eligible untuk mendaftar SNBP 2024?

Baca juga: Link dan Cara Melihat Kuota Sekolah SNBP 2024


Kriteria eligible untuk daftar SNBP 2024

Penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP 2024 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi siswa melalui rapor, serta prestasi akademik dan nonakademik lainnya.

Dilansir dari situs resmi SNPMB, sekolah yang mendaftarkan siswanya melalui jalur SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sementara itu, siswa yang berhak mengikuti seleksi juga wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Namun, siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.

Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) mana pun.

Baca juga: Peserta yang Diterima SNBP atau SNBT 2024 Tidak Bisa Daftar Jalur Mandiri, Ini Alasannya

Ketentuan sekolah eligible

Siswa SMA, SMK, atau MA yang bisa mendaftarkan diri ke SNBP 2024, harus dinyatakan eligible berdasarkan aturan yang berlaku untuk sekolahnya.

Berikut aturan persyaratan sekolah yang harus dipenuhi agar bisa mendaftarkan siswanya ke SNBP 2024:

  • SMA/SMK/MA yang mempunyai NPSN
  • Ketentuan akreditasi untuk alokasi siswa eligible:
    • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolah
    • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolah
    • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolah
  • Mengisi PDSS dan data siswa yang eligible daftar SNBP 2024 sesuai ketentuan

Pemeringkatan siswa yang eligible dilakukan oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai rata-rata semua mata pelajaran mulai semester 1 sampai 5.

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik untuk menentukan peringkat siswa, jika ada nilai yang sama.

Sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka (IKM) dapat menambah kriteria lain berupa capaian siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com