Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kucing Memiliki Sembilan Nyawa? Begini Asal-usulnya

Kompas.com - 13/12/2023, 15:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing menjadi salah satu hewan yang diselimuti sejarah dan mitos, di mana beberapa dari mereka mampu melakukan sesuatu lebih dari yang orang-orang ketahui.

Beberapa mitos yang umum di masyarakat tentang kucing adalah mereka dianggap bisa melihat hantu, mengetahui akan ada bencana, bahkan memprediksi kematian seseorang.

Dan salah satu mitos yang yang paling populer adalah, kucing memiliki sembilan nyawa. Lantas, benarkah demikian?

Dikutip dari laman Daily Paws, asal muasal kaitan antara kucing dan sembilan nyawa diperkirakan berasal dari dewi Mesir Bastet.

Ia dapat beralih antara tubuh kucing dan manusia, menyiratkan bahwa dia memiliki banyak kehidupan.

Baca juga: 10 Alasan Kucing Peliharaan Mengeluarkan Suara Aneh di Malam Hari


Sebagaimana diketahui, kucing sangat dihormati di Mesir kuno, dipuja karena sifat ganda mereka. Di satu sisi mereka anggun dan lembut, sementara di sisi lain mereka juga ganas dan agresif.

Banyak dari dewa-dewi Mesir memiliki sifat yang sama dan digambarkan dalam bentuk kucing. Misalnya mitos tersebut juga dikaitkan dengan Dewa Matahari Atum-Ra.

Konon ia berwujud seperti kucing agar bisa mengunjungi dunia bawah. Atum-Ra dikatakan telah melahirkan delapan dewa lainnya.

Inilah yang menyebabkan beberapa orang mengaitkannya dengan mitos kucing yang memiliki sembilan nyawa. Di mana ada delapan dewa, ditambah Atum-Ra, menjadikannya sembilan dewa yang sama dengan sembilan nyawa.

Baca juga: Waspada, Berikut 5 Faktor yang Menyebabkan Kucing Menjadi Agresif

Mitos nyawa kucing di budaya lain

Asal-usul mitos kucing memiliki sembilan nyawa.iStockphoto/Nils Jacobi Asal-usul mitos kucing memiliki sembilan nyawa.

Dilansir dari laman Newsweek, mitos tentang jumlah nyawa kucing berbeda-beda di sejumlah budaya. Negara-negara Arab cenderung mengatakan bahwa kucing memiliki enam nyawa.

Di Spanyol dan negara berbahasa Spanyol lainnya, kucing dikatakan memiliki tujuh nyawa. Ini berhubungan dengan angka tujuh yang dianggap sebagai angka keberuntungan.

Kucing dianggap cocok dengan angka tersebut karena cukup beruntung dalam hal menghindari bahaya.

Terkait angka sembilan, ia memiliki arti penting bagi banyak budaya. Bagi orang Yunani Kuno, itu mewakili angka ajaib dan dikaitkan dengan para dewa.

Misalnya, mereka percaya butuh sembilan hari untuk jatuh dari surga ke Bumi. Dalam agama Hindu, sembilan dianggap sebagai angka yang lengkap dan ilahi.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com