Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memelihara Kucing Meningkatkan Risiko Skizofrenia? Studi Ungkap Hubungannya

Kompas.com - 12/12/2023, 16:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkap hubungan antara orang yang memelihara kucing dengan risiko penyakit skizofrenia.

Skizofrenia adalah gangguan mental serius di mana orang menafsirkan realitas secara tidak normal, menurut Mayo Clinic.

Skizofrenia dapat mengakibatkan kombinasi halusinasi, delusi, dan pemikiran serta perilaku yang sangat tidak teratur sehingga mengganggu fungsi sehari-hari.

Lantas, bagaimana hubungan keduanya?

Baca juga: 5 Kesalahpahaman Umum mengenai Penyakit Skizofrenia


Hubungan punya kucing dengan penyakit skizofrenia

Dilansir dari Medical Daily, Senin (11/12/2023), para peneliti telah mengidentifikasi hubungan misterius antara risiko penyakit skizofrenia dan hobi memelihara kucing.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Queensland di Australia telah melakukan tinjauan terhadap 17 penelitian tentang topik tersebut.

Kemudian, para peneliti menemukan adanya kemungkinan risiko 2,35 kali lebih tinggi terkena skizofrenia pada pemilik kucing.

Akan tetapi, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Schizophrenia Bulletin ini tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi.

Tim tersebut mengevaluasi publikasi penelitian dari 11 negara, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris, dalam 44 tahun terakhir.

"Kami mengidentifikasi 1.915 penelitian, 106 di antaranya dipilih untuk tinjauan teks lengkap, yang pada akhirnya menghasilkan 17 penelitian yang dimasukkan," tulis para peneliti.

"Kami menemukan hubungan antara kepemilikan kucing secara luas dan peningkatan kemungkinan berkembangnya gangguan terkait skizofrenia," sambungnya.

Baca juga: Hari Kesadaran Skizofrenia Sedunia 24 Mei, Apa Saja Gejala dan Penanganan Skizofrenia?

Apa itu skizofrenia?

Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental kronis yang mengubah cara berpikir, perasaan, dan perilaku penderitanya. Tanda-tanda skizofrenia bisa datang dan pergi seumur hidup. Photographee.eu/Shutterstock Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental kronis yang mengubah cara berpikir, perasaan, dan perilaku penderitanya. Tanda-tanda skizofrenia bisa datang dan pergi seumur hidup.
Skizofrenia adalah penyakit mental serius yang dapat memengaruhi perilaku, pikiran, perasaan, dan aktivitas sehari-hari seseorang.

Skizofrenia melibatkan berbagai masalah dalam pemikiran (kognisi), perilaku, dan emosi.

Tanda dan gejalanya mungkin berbeda-beda, namun biasanya berupa delusi, halusinasi, atau gangguan bicara. 

Pasien juga mungkin akan menderita berbagai emosi negatif, termasuk kurangnya kebersihan pribadi, kurangnya kontak mata, juga emosi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com