Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terlalu Banyak, Ini Batas Aman Makan Durian dalam Sehari

Kompas.com - 09/12/2023, 18:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Durian adalah salah satu buah tropis yang kaya akan nutrisi, mineral, dan vitamin, yang menawarkan sejumlah manfaatnya bagi kesehatan.

Buah berwarna kuning dengan aroma menyengat ini mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu menghasilkan serotonin, yang membuat manusia merasa bahagia, tenang dan rileks, dilansir dari VNEXPRESS (30/8/2023).

Tak hanya itu, durian juga memiliki kandungan potasium, antioksidan, dan fitokimia yang bermanfaat, seperti karotenoid, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Beberapa senyawa tersebut memiliki kemampuan menurunkan kolesterol, mencegah aterosklerosis, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun demikian, saat durian dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menimbulkan efek samping yang justru merugikan tubuh.

Lantas, berapa batas konsumsi durian dalam sehari?

Baca juga: Batas Aman Konsumsi Durian untuk Penderita Diabetes


Batas aman konsumsi durian dalam sehari

Ahli gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Toto Sudargo menyampaikan, batas atau jumlah konsumsi buah durian bervariasi dan tergantung pada masing-masing individu.

Untuk itu, Ali tak menyebutkan secara pasti berapa jumlah konsumsi buah durian yang disarankan setiap harinya.

"Durian seperti buah yang lainnya, rasanya enak dan tidak berbahaya sepanjang individu tersebut kuat mengonsumsinya. Tidak ada batas, yang bisa mengukur tubuh yang bersangkutan," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (9/12/2023).

Sementara itu, dikutip dari VNEXPRESS, mengonsumsi 100 gram durian akan memberikan 24 persen dari jumlah harian vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aktivitas leukosit.

Namun buah ini juga kaya nutrisi, dan 100 gram durian mengandung 147 kalori. Oleh karena itu, daging buah durian yang rata-rata 250 gram menyediakan sekitar 367 kalori.

Oleh karena itu, seseorang dalam kondisi normal tidak boleh mengonsumsi lebih dari empat buah durian sehari.

Jumlah konsumsi durian yang melebihi jumlah tersebut dapat menyebabkan kembung, sembelit, atau pencernaan yang terganggu.

Di sisi lain, lantaran durian memiliki rasa yang manis dan mengandung karbohidrat tinggi, penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi durian yakni satu hingga dua daging durian dalam satu waktu.

Selain itu, penderita gagal ginjal atau yang menggunakan ginjal buatan juga sebaiknya tidak makan durian.

Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi durian dengan anggur, karena kombinasi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, dan efek tidak diinginkan lainnya.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com