Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Wanita Berpengaruh di Dunia 2023 Versi Forbes, Ada Sri Mulyani dan Bos Pertamina

Kompas.com - 07/12/2023, 16:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Majalah ekonomi dan bisnis Amerika Serikat Forbes merilis daftar The World’s Most Powerful Women 2023 pada Selasa (5/12/2023).

Daftar tahunan yang dirilis untuk kali ke-20 ini berisi 100 orang wanita paling berpengaruh di dunia sepanjang tahun 2023.

Dari Indonesia, ada nama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan bos Pertamina Nicke Widyawati dalam daftar tersebut. 

Metode penilaian

Wakil Presiden Eksekutif Forbes, Moira Forbes, menyebutkan, para wanita tersebut menggunakan pengaruh mereka untuk melakukan perubahan di tengah ketidakstabilan situasi dunia.

“Saat kita bergulat dengan konvergensi krisis global, kebutuhan akan kepemimpinan mereka sangat nyata dan mendesak," ujarnya, seperti diberitakan Forbes (5/12/2023).

Dalam seleksi daftar The World’s Most Powerful Women 2023, Forbes menerapkan empat metrik penilaian berupa kekayaan, media, dampak, dan lingkup pengaruh para wanita.

Penghargaan ini terbagi menjadi enam kategori, yaitu bisnis, teknologi, keuangan, media dan hiburan, politik dan kebijakan, serta filantropi.

Berbeda dari sebelumnya, daftar tahun ini menunjukkan perubahan, yaitu tokoh industri hiburan berada di peringkat atas bersama politisi dan pebisnis dunia.

Baca juga: Siapa Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia 2023 Versi Forbes?


Wanita paling berpengaruh pada 2023 versi Forbes

Dikutip dari situs Forbes, daftar The World’s Most Powerful Women 2023 berisi daftar perempuan yang menjadi pemimpin dari berbagai bidang.

Peringkat pertama The World’s Most Powerful Women 2023 ditempati oleh Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (65).

Mantan Menteri Pertahanan Jerman kelahiran Belgia ini menjabat Presiden Komisi Eropa sejak 2019. Dia adalah perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Ursula bertanggung jawab atas undang-undang yang mengatur lebih dari 450 juta orang Eropa.

Kemudian, ada Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde (67) asal Jerman berada di peringkat kedua.

Sepanjang kariernya, dia adalah wanita pertama yang memimpin Bank Sentral Eropa dan organisasi Dana Moneter Internasional (IMF).

Selanjutnya, ada Wakil Presiden AS Kamala Harris (59) berada di posisi ketiga. Kamala merupakan wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Amerika keturunan India pertama yang menjadi Wakil Presiden AS.

Peringkat keempat The World’s Most Powerful Women 2023 ditempati oleh Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni (46). Dia merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai perdana menteri di Italia sejak Oktober 2022.

Sementara itu, penyanyi Taylor Swift menempati posisi kelima sebagai wanita yang paling berpengaruh di dunia pada 2023. Peringkat Taylor naik drastis dari ranking 79 di tahun 2022.

Posisi ini diraih berkat kesuksesan konsernya "The Eras Tour" yang memberikan dampak besar bagi perekonomian AS. Dia juga berperan mengenalkan budaya baru kepada anak muda.

Daftar selengkapnya peringkat 100 The World’s Most Powerful Women 2023 bisa disimak di sini. 

Baca juga: Profil Dewi Kam, Perempuan Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com