Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Kucing Mesir dengan Penampilan Liar dan Eksotis

Kompas.com - 02/12/2023, 14:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing mempunyai tempat khusus dalam budaya Mesir kuno. Anda misalnya dapat melihat gambar atau patung kucing di sejumlah besar kuil.

Selain hidup berdampingan, kucing juga dipuja oleh masyarakat Mesir, bahkan dianggap suci dan menjadi bagian penting dari kebudayaan masyarakat.

Bahkan ada pula kucing yang telah dimumikan, yang dimaksudkan untuk diwariskan ke kehidupan selanjutnya.

Dikutip dari laman A-Z Animals, ketika Mesir berkembang menjadi tempat lahirnya peradaban yang penting, kucing memainkan peran penting dalam masyarakatnya.

Baca juga: 8 Kelakuan Manusia yang Tidak Disukai Kucing

Kucing membantu mengatur populasi tikus dan hama lainnya. Mereka melindungi gudang biji-bijian dan membunuh ular berbisa yang berkeliaran di sekitar rumah orang Mesir.

Saat ini, Mesir dikenal luas sebagai tempat kelahiran kucing peliharaan, dan ras kucing Mesir termasuk ras yang paling kuno.

Meskipun hanya ada segelintir ras yang dapat ditelusuri asal usulnya hingga ke Mesir, namun mereka cukup bervariasi baik dari segi penampilan maupun kepribadian.

Baca juga: 7 Rekomendasi Ras Kucing Bermata Biru yang Cocok Dipelihara


Berikut adalah beberapa ras kucing yang dikenal dengan “Kucing Mesir”, baik menurut garis keturunan, maupun karena penampilannya:

1. Chausie

Chausie merupakan bentuk pembiakan tradisional untuk menghasilnya kucing peliharaan yang sepenuhnya mirip dengan ras kucing Mesir kuno yang paling awal.

Hasilnya adalah ras Chausie, yang saat ini menjadi salah satu kucing peliharaan terbesar dan berpenampilan liar di dunia.

Namun alih-alih memilih nenek moyang langsung kucing liar Afrika sebagai contoh, Chausie dibiakkan dari anggota keluarga yang dikenal sebagai kucing hutan.

Baca juga: Mengenal Ras Chausie, Kucing Ramah dengan Penampilan Liar

2. Shirazi

Ilusrasi ras kucing Shirazi.Shutterstock/Daniah Qiblawi Ilusrasi ras kucing Shirazi.

Ras Shirazi adalah kucing yang disebut sebagai hasil perkembangbiakan antara kucing Persia bermoncong pendek dan berbulu panjang, dengan ras Egyptian Mau.

Kucing ramping ini mewarisi kepribadian mereka dari Mau Mesir, yang ramah dan memiliki pikiran cerdas. Penampilan bulu panjang lembut dan lebat berasal dari jalur Persianya.

Ciri paling menonjol dari kucing ini adalah matanya yang besar, bulat, dan ekspresif.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Ragamuffin, Berikut Sejarah dan Ciri-cirinya

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com