Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Rematik yang Sering Muncul di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 02/12/2023, 09:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Rematik (rheumatoid arthritis) adalah gangguan peradangan kronis yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi.

Ini adalah penyakit autoimun dan peradangan, di mana sistem kekebalan secara tidak sengaja menyerang sel-sel sehat di tubuh, dan menyebabkan peradangan di bagian tubuh yang terkena.

Rematik umumnya menyerang persendian dan membuat lapisan sendi menjadi bengkak sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan sendi.

Jika Anda menderita rematik, nyeri dan kekakuan sendi sering kali memburuk di pagi hari atau setelah tidak melakukan aktivitas selama beberapa waktu.

Aktivitas sederhana, seperti berpakaian, menggunakan ponsel, atau menyiapkan makanan mungkin menjadi sulit, dan diperlukan waktu sekitar satu jam hingga persendiannya mengendur.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Rematik, Antisipasi Sebelum Terlambat


Gejala rematik di pagi hari

Dilansir dari laman Layanan Kesehatan UK (NHS), nyeri sendi yang berhubungan dengan rematik biasanya berupa nyeri yang berdenyut.

Sering kali penderitanya akan merasakan kondisi tersebut menjadi lebih buruk di pagi hari dan setelah beberapa saat tidak aktif.

Sendi yang terkena rematik bisa terasa kaku. Misalnya pada tangan, Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menekuk jari atau mengepalkan tangan.

Baca juga: 5 Faktor yang Meningkatkan Risiko Penyakit Rematik

Sebagaimana rasa nyeri yang dialami, kekakuan pada sendi yang terkena rematik juga sering kali memburuk di pagi hari atau setelah beberapa saat tidak aktif.

Umumnya, kekakuan di pagi hari akibat jenis artritis lain, seperti osteoartritis, akan hilang dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur.

Namun, kekakuan di pagi hari pada penderita rematik cenderung berlangsung lebih lama, setidaknya bisa satu jam atau lebih.

Baca juga: Nyeri Asam Urat dan Rematik, Apa Bedanya?

Cara mengatasi gejala rematik di pagi hari

Ilustrasi cara mengatasi gejala rematik di pagi hari.iStockphoto/oatawa Ilustrasi cara mengatasi gejala rematik di pagi hari.

Rasa kaku pada sendi di pagi hari adalah gejala rematik yang cukup umum. Meskipun kekakuan biasanya mengendur dan hilang, hal ini memerlukan waktu.

Dikutip dari laman Healthline, selain melakukan pemeriksaan dan mendapat perawatan dari dokter, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan kekakuan di pagi hari akibat rematik:

  • Saat Anda bangun pagi, jangan langsung beranjak terlebih dahulu. Coba lakukan beberapa gerakan untuk menghangatkan otot dan mengendurkan persendian.
  • Mandi atau berendam air hangat. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membantu meredakan rasa kaku di pagi hari.
  • Mengonsumsi sarapan ringan namun bergizi dapat membantu meringankan rasa kaku di pagi hari.
  • Selalu menyediakan salep atau losion penghangat, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi yang kaku.
  • Gerakkan tubuh Anda setiap hari. Jalan kaki selama 15 atau 20 menit sehari memperkuat otot-otot yang menopang persendian Anda.

Baca juga: 9 Gejala Rematik pada Tangan yang Perlu Anda Waspadai

Gejala rematik di pagi hari berupa nyeri dan rasa kaku pada sendir merupakan masalah besar bagi penderita rematik.

Namun, beberapa aktivitas di atas, dapat sedikit mengurangi atau meredakan intensitas gejalanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com