Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Gaza dan Daftar Negara yang Tarik Dubesnya dari Israel, Mana Saja?

Kompas.com - 02/11/2023, 20:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bolivia memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel imbas serangan di Gaza, Palestina.

Diberitakan Reuters, Rabu (1/11/2023), Bolivia adalah negara pertama yang secara aktif memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel karena serangannya pada warga Gaza.

Selain Bolivia, beberapa negara telah memutuskan untuk menarik perwakilan atau duta besar (dubes) di negara itu.

Serupa, langkah ini bertujuan untuk memprotes tindakan Israel yang telah menewaskan ribuan warga Palestina di Jalur Gaza.

Baca juga: Elon Musk, Koneksi Internet Starlink di Gaza, dan Pertentangan Israel...

Berikut negara-negara yang memutuskan hubungan diplomatik dan menarik duta besar dari untuk Israel:


1. Bolivia

Presiden Evo Morales saat menghadiri hari ulang tahun kemerdekaan ke-193 Bolivia pada Senin (6/8/2018). Dalam acara itu Morales mengenakan medali dan selempang kepresidenan.AFP/JOSE LIRAUZE Presiden Evo Morales saat menghadiri hari ulang tahun kemerdekaan ke-193 Bolivia pada Senin (6/8/2018). Dalam acara itu Morales mengenakan medali dan selempang kepresidenan.
Pemutusan hubungan diplomatik dengan Israel diumumkan Menteri Kepresidenan Maria Nela Prada dalam konferensi pers di ibu kota La Paz, Bolivia, Selasa (1/11/2023).

"Kami menuntut diakhirinya serangan di Jalur Gaza yang sejauh ini telah merenggut ribuan nyawa warga sipil dan menyebabkan pengungsian paksa warga Palestina," katanya, dilansir dari Guardian, Selasa.

Wakil Menteri Luar Negeri Bolivia Freddy Mamani mengatakan, pemutusan hubungan diplomatik merupakan bentuk penolakan dan kecaman atas serangan militer Israel.

Langkah tersebut dilakukan tak lama setelah mantan Presiden Evo Morales menyerukan memutus hubungan dengan Israel karena situasi mengerikan yang dihadapi rakyat Palestina.

Baca juga: Dampak Perang Israel Vs Hamas, Bagaimana Kondisi WNI di Gaza?

Melalui media sosial X (dulu Twitter), Jumat (20/10/2023), Morales menuntut Israel diklasifikasikan sebagai "negara teroris".

Dia juga meminta agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan jajarannya diadukan ke pengadilan pidana internasional karena genosida.

Di bawah kepemimpinan Evo Morales, Bolivia sempat memutuskan hubungan dengan Israel pada 2009. Tindakan ini diambil setelah invasi negara itu ke Jalur Gaza.

Namun, pada 2020, Bolivia kembali memulai hubungan diplomatik di bawah presiden sayap kanan Jeanine Anez.

"Kami menolak kejahatan perang yang dilakukan di Gaza. Kami mendukung inisiatif internasional untuk menjamin bantuan kemanusiaan, sesuai dengan hukum internasional," kata Presiden Bolivia Luis Arce.

Baca juga: Ketegangan di Jalur Gaza, Berapa Jumlah Pasukan Hamas?

2. Kolombia

Serangan bom fosfor putih oleh Israel di Gaza pada Oktober 2023.WHO Serangan bom fosfor putih oleh Israel di Gaza pada Oktober 2023.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com