Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Rekam Jejak Mahfud MD, Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Kompas.com - 19/10/2023, 20:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023) siang.

Ganjar dan Mahfud masuk ke Kantor KPU RI sekitar pukul 12.40 WIB didampingi para ketua umum parpol pengusung. Ganjar terlihat mengenakan baju hitam sedangkan Mahfud mengenakan baju putih.

Sebelumnya, penunjukan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar pada Pilpres 2024 dilakukan langsung oleh oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Diketahui, saat ini Mahfud menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Kabinet Indonesia Maju.

Berikut profil dan rekam jejak Mahfud MD:

Baca juga: Cawapres Ganjar, Mahfud MD, dan Sinyal PDI-P Lepaskan Ketergantungan pada Figur Jokowi...


Baca juga: Pidato Lengkap Ganjar Pranowo Usai Gandeng Mahfud MD Jadi Cawapres

Profil Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD setibanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA A Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD setibanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Mohammad Mahfud MD merupakan seorang akademisi yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur pada 13 Mei 1957.

Dia lahir dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah.

Ia menyelesaikan kuliahnya sebagai Sarjana Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada 1983.

Setelah lulus dari Fakultas Hukum UII, ia bekerja sebagai dosen untuk almamaternya.

Baca juga: Analisis Pengamat soal Duet Ganjar-Mahfud MD....

Sembari menjadi dosen, Mahfud melanjutkan kuliah S2 dan S3 di UGM.

Kariernya semakin cemerlang ketika Mahfud dikukuhkan sebagai guru besar bidang politik hukum pada 2000.

Sepak terjang Mahfud membuat Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memilihnya menjadi Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Selain itu, Mahfud diketahui juga merangkap sebagai Menteri Kehakiman dan HAM setelah Yusril Ihza Mahendra diberhentikan oleh Gus Dur.

Baca juga: Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Bagaimana Elektabilitasnya?

Rekam jejak Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Istana Kepresidenan pada Senin (27/3/2023).Kompas.com/ Dian Erika Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Istana Kepresidenan pada Senin (27/3/2023).

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com