Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mencegah Anak Kecanduan Smartphone

Kompas.com - 27/09/2023, 17:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kecanduan ponsel dapat merujuk pada ketergantungan kompulsif dan berlebihan pada perangkat seluler yang menimbulkan konsekuensi negatif.

Ponsel adalah bagian kehidupan sehari-hari yang kini digunakan untuk segala hal, mulai dari komunikasi, media sosial, hingga berbelanja.

Anak-anak dan remaja menjadi salah satu kategori yang cukup sering dalam penggunaan ponsel, baik untuk bermain game atau sekedar membuka media sosial.

Dilansir dari laman Healthline, diketahui 95 persen remaja di Amerika Serikat memiliki akses terhadap smartphone, dan 45 persen di antaranya “hampir selalu” online.

Baca juga: Cara Mencegah Kucing Peliharaan Kabur dari Rumah

Salah satu faktor adalah bahwa anak remaja belajar mengembangkan kemampuan hubungan yang sehat dengan teknologi digital.

Anak-anak pada usia ini perlu belajar menciptakan keseimbangan antara waktu dengan teknologi dan waktu yang mereka habiskan bersama teman, keluarga, dan aktivitas lain.

Yang diperlukan adalah kontrol orang tua dalam mendidik dan mengawasi bagaimana sang anak memanfaatkan ponselnya

Anda bisa mendidik dan membantu mereka untuk bisa memiliki respons emosional terhadap penggunaan ponsel pintar atau teknologi secara umum.

Baca juga: 6 Tips Sederhana untuk Dapat Menghargai Batasan-batasan Orang Lain


Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mencegah atau mengatasi Anak kecanduan bermain smartphone:

1. Membuat rencana

Dikutip dari laman the New York Times, meluangkan waktu untuk mendiskusikan penggunaan ponsel yang tepat untuk anak dan membuat kesepakatan adalah hal yang ideal.

Perjanjian keluarga dapat mencakup peraturan tentang kapan dan bagaimana ponsel dapat digunakan, dan potensi konsekuensi jika peraturan dilanggar.

Perjanjian akan lebih mungkin berhasil jika diikuti secara konsisten dan sering ditinjau kembali seiring bertambahnya usia anak-anak atau tersedianya aplikasi baru.

Baca juga: Manfaat Positif Bersepeda untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

2. Pantau Penggunaan

Orang tua harus memahami bagaimana, di mana, dan mengapa anak-anak menghabiskan waktu di depan smartphone mereka

Anda bisa memantau waktu penggunaan ponsel oleh anak dalam rentang waktu tertentu. Segera ambil tindakan jika memang mereka menghabiskan terlalu banyak waktu.

3. Membangun komunikasi terbuka

Dilansir dari laman Medical News Today, komunikasi terbuka menjadi kunci ketika berhadapan dengan penggunaan ponsel oleh anak-anak.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com