Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Kutipan Terkenal Abraham Lincoln

Kompas.com - 19/09/2023, 06:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Abraham Lincoln merupakan Presiden ke-16 Amerika Serikat yang melawan praktik perbudakan.

Lahir pada 1809, Lincoln berasal dari keluarga miskin, sehingga ia tumbuh besar menjadi seorang yang mandiri.

Pada 1836, ia memenuhi syarat sebagai pengacara dan bekerja di praktik hukum di Springfield, Illinois, dikutip dari BBC.

Selain sebagai pengacara, Lincoln juga menjabat di badan legislatif negara bagian dari 1834 hingga 1842 dan terpilih menjadi anggota Kongres pada 1846, mewakili Partai Whig.

Pada 1856, ia bergabung dengan Partai Republik dan mencalonkan diri sebagai presiden empat tahun berselang.

Dalam kampanye presiden, Lincoln menyatakan penolakan kerasnya terhadap perbudakan.

Kemenangannya memicu krisis. Tujuh negara bagian selatan meninggalkan negara untuk membentuk Negara Konfederasi Amerika.

Lincoln bersumpah untuk mempertahankan persatuan meskipun itu berarti perang.

Pada 1863, ia mengeluarkan Proklamasi Emansipasi, yang membebaskan budak di seluruh Konfederasi.

Ketika negara itu mulai bersatu secara perlahan setelah perang saudara, Lincoln dibunuh oleh John Wikes Booth pada 1865.

Ia ditembak saat menghadiri pertunjukan di Teater Ford di Washington DC

Kepribadian Lincoln yang sangat manusiawi dan pengaruhnya yang luar biasa terhadap bangsa telah memberinya warisan abadi.

Berikut 30 kutipan terkenal Abraham Lincoln:

  1. Nothing valuable can be lost by taking time (Tidak ada hal berharga yang bisa hilang dengan meluangkan waktu)
  2. Every man’s happiness is his own responsibility (Kebahagiaan setiap orang adalah tanggung jawabnya sendiri)
  3. If you would win a man to your cause first convince him that you are his sincere friend (Jika Anda ingin memenangkan seseorang untuk tujuan Anda, pertama-tama yakinkan dia bahwa Anda adalah temannya yang tulus)
  4. It has been my experience that folks who have no vices have very few virtues (Sudah menjadi pengalaman saya bahwa orang yang tidak memiliki sifat buruk hanya memiliki sedikit kebajikan)
  5. Leave nothing for tomorrow which can be done today (Jangan tinggalkan apa pun untuk hari esok bagi sesuatu yang dapat dilakukan hari ini)
  6. To ease another’s heartache is to forget one’s own (Meringankan sakit hati orang lain berarti melupakan sakit hati sendiri)
  7. He has the right to criticize who has the heart to help (Dia memiliki hak untuk mengkritik siapa yang memiliki hati untuk membantu)
  8. Nearly all men can stand adversity, but if you want to test a man’s character, give him power (Hampir semua orang dapat bertahan dalam kesulitan, tetapi jika Anda ingin menguji karakter seseorang, berikanlah dia kekuasaan)
  9. Most folks are about as happy as they make their minds up to be (Kebanyakan orang sebahagia yang mereka pikirkan)
  10. No man has a good enough memory to be a successful liar (Tidak ada orang yang memiliki ingatan yang cukup baik untuk menjadi pembohong yang sukses)
  11. Human action can be modified to some extent, but human nature cannot be changed (Tindakan manusia dapat dimodifikasi sampai batas tertentu, tetapi sifat manusia tidak dapat diubah)
  12. Love is the chain to lock a child to its parent (Cinta adalah rantai yang mengunci seorang anak kepada orang tuanya)
  13. You can tell the greatness of a man by what makes him angry (Anda bisa mengetahui kehebatan seorang pria dari apa yang membuatnya marah)
  14. A farce or comedy is best played, a tragedy is best read at home (Lelucon atau komedi paling baik dimainkan, tragedi paling baik dibaca di rumah)
  15. For people who like that kind of a book that is the kind of book they will like (Bagi orang-orang yang menyukai buku semacam itu, itulah jenis buku yang akan mereka sukai)
  16. When you reach the end of your rope, tie a knot and hang on (Ketika mencapai ujung tali Anda, ikat simpul dan bertahanlah)
  17. As I would not be a slave, so I would not be a master. This expresses my idea of democracy (Karena saya tidak mau menjadi budak, maka saya tidak mau menjadi tuan. Ini mengungkapkan gagasan saya tentang demokrasi)
  18. You cannot escape the responsibility of tomorrow by evading it today (Anda tidak dapat menghindari tanggung jawab hari esok dengan menghindarinya hari ini)
  19. Better to remain silent and be thought a fool than to speak out and remove all doubt (Lebih baik diam dan dianggap bodoh daripada berbicara dan menghilangkan semua keraguan)
  20. I would rather be a little nobody, then to be an evil somebody (Saya lebih suka menjadi bukan siapa-siapa, daripada menjadi orang yang jahat)
  21. I’m a success today because I had a friend who believed in me and I didn’t have the heart to let him down (Saya sukses hari ini karena saya memiliki seorang teman yang percaya pada saya dan saya tidak tega mengecewakannya)
  22. I have a congenital aversion to failure (Saya memiliki keengganan bawaan untuk gagal)
  23. When I do good, I feel good. When I do bad, I feel bad. That’s my religion (Ketika saya melakukan hal yang baik, saya merasa baik. Ketika saya berbuat buruk, saya merasa buruk. Itulah agama saya)
  24. What is to be, will be, and no prayers of ours can arrest the decree (Apa yang akan terjadi, akan terjadi, dan tidak ada doa kita yang dapat menahan keputusan)
  25. I am a slow walker, but I never walk back (Saya adalah pejalan kaki yang lambat, tapi saya tidak pernah berjalan mundur)
  26. Those who look for the bad in people will surely find it (Mereka yang mencari keburukan pada orang lain pasti akan menemukannya)
  27. I have always found that mercy bears richer fruits than strict justice (Saya selalu menemukan bahwa belas kasihan menghasilkan buah yang lebih kaya daripada keadilan yang ketat)
  28. Things may come to those who wait, but only the things left by those who hustle (Sesuatu mungkin datang kepada mereka yang menunggu, tetapi hanya hal-hal yang ditinggalkan oleh mereka yang bergegas)
  29. Towering genius distains a beaten path. It seeks regions hitherto unexplored (Kejeniusan yang tinggi menjauhkan diri dari jalan yang biasa. Ia mencari wilayah yang sampai sekarang belum dijelajahi)
  30. I am in favor of animal rights as well as human rights. That is the way of a whole human being (Saya mendukung hak-hak hewan dan juga hak asasi manusia. Itu adalah jalan bagi manusia seutuhnya).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com